Penerapan Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban Memiliki Hubungan Dengan Efektivitas Pengendalian Aktivitas Pusat Pendapatan

Ridwan Herdyansyah

Abstract


Pendapatan merupakan variabel yang signifikan karena akan mendukung setiap gerakan kerja. Terlebih lagi, bayaran yang diperoleh organisasi akan menunjukkan presentasi organisasi. Besar kecilnya upah yang akan diperoleh organisasi akan sangat mempengaruhi latihan kerja..Perencanaan dan pengendalian dapat berfungsi dengan baik, diperlukan adanya suatu sistem akuntansi pertanggungjawaban yaitu suatu alat bantu bagi manajemen puncak untuk melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap aktivitas perusahaan. Dengan adanya sistem akuntansi pertanggungjawaban tentunya akan sangat menunjang terhadap pengendalian aktivitas pusat pendapatan yang efektif, sehingga pengelolaan terhadap perolehan pendapatan dapat berlangsung dengan baik. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode studi kasus, data dan informasi yang didapatkan selama penelitian diolah, dianalisis dan diproses berkelanjutan dengan dasar-dasar yang telah ditentukan guna mengetahui hubungan 2 (dua) variabel, yaitu variabel X, Penerapan Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban dan variabel Y, Efektivitas Pengendalian Aktivitas Pusat Pendapatan. Untuk menguji hipotesis yang diajukan, penulis menggunakan Analisis Korelasi rank Spearman dan melakukan uji t atau t test satu sisi/ pihak untuk menentukan tingkat signifikansi hubungan kedua variabel. Dari hasil pengujian tersebut, dapat diketahui diterima atau ditolak hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, penulis melihat bahwa ada keterkaitan antara penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban dengan efektivitas pengendalian aktivitas pusat pendapatan. Dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh penulis, yaitu : “Penerapan Sistem akuntansi Pertanggungjawaban memiliki hubungan dengan efektivitas Pengendalian Aktivitas Pusat pendapatan” dapat diterima.

Full Text:

PDF

References


Mulyadi. (1993). Akuntansi Manajemen. Edisi ke-2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Komarudin. (1994). Ensiklopedia Manajemen. Bumi Aksara.

Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen. BPFE UGM.

Ardiani, N. M. S., & Wirasedana, I. W. P. (2013). Pengaruh Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Terhadap Efektivitas Pengendalian Biaya. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 5(3), 561–573.

Silalahi, F. (2008). Fungsi Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Penilaian Kerja Pusat Biaya Pada PT.

BUMI SARI PRIMA Pematang Siantar. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Hansen dan Mowen. (2005). Akuntansi Manajemen, Buku 2 Edisi 7. Salemba Empat.

Anthony dan Govindarajan. (2009). Sistem Pengendalian Manajemen. Salemba Empat

Horngren, F. and D. (2003). Cost Accounting a Managerial Emphasis, Eleventh Edition. Prentice – hall, Inc.,.

Viyanti dan Se Tin. (2010). Akuntansi Pertanggungjawaban Sebagai Alat Pengendalian Manajemen Terhadap Penilaian Prestasi Kerja. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3

Penilaian Prestasi Kerja. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3.




DOI: https://doi.org/10.32897/ajib.2022.1.1.1319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AJIB (Audit, Pajak, Akuntansi Publik)

Published by:

Program Studi Magister Akuntansi
Direktorat Pascasarjana
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2830-0726 | e-ISSN: 2830-0645

Creative Commons License
Jurnal Audit, Pajak, Akuntansi Bisnis (AJIB) by Universitas Sangga Buana licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats