Analisis Kompetensi SDM Dan Independensi Audit Internal Terhadap Kualitas Laporan Audit

Rachmat Agus Santoso, Imas Masitoh

Abstract


Spesifikasi dan kualifikasi seorang auditor menjadi salah satu tolak ukur kualitas laporan audit dalam melakukan audit, Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur sejauh mana kompetensi SDM dan sikap independensi auditor internal dalam melakukan pemeriksaan terhadap kualitas laporan audit. Jumlah Sampel dalam penelitian ini sebanyak 119 responden, metode yang digunakan deskriptif verifikatif, data kuesioner yang dikumpulkan teruji validitas dan realibilitasnya, diolah dengan menggunakan analisis regresi linear, korelasi Pearson, koefisien determinas dan uji t student serta uji f yang perhitungannya dilakukan menggunakan SPSS 20.
Berdasarkan hasil uii analisis dari responden yang dilakukan pada PT Plasis Mitra Asia, terkait kondisi kompetensi SDM, independensi auditor Internal dan kualitas laporan audit dalam kategori sedang hingga tinggi, artinya kondisi secara keseluruhan talah melaksanakan sesuai kriterianya. Kompetensi SDM, independensi auditor internal dan kualitas laporan audit secara simultan mempunyai pengaruh yang kuat, hasilnya pun akan meningkat baik dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan audit.


Full Text:

PDF

References


Sudarmanto. 2015. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM, edisi tiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hutapea, P. dan Thoha, N. 2004. Kompetensi Plus. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rahayu, Siti Kurnia,& Suhayati, Ely. 2010. Auditing. Yogyakarta: Graha Ilmu

Tunggal, Amin WIdjaja. 2000. Management Audit. Jakarta: PT Rineka Cipt

Rahayu, T. & Suryono, B. (2016). Pengaruh Independensi Auditor, Etika Auditor, dan Pengalaman Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol.5 (No.4). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya

Hanjani, Andreani & Rahardja. 2014. Pengaruh Etika Auditor, Pengalaman Auditor, Fee Audit, dan Motivasi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Auditor Kap Di Semarang). Semarang. Diponegoro Jurnal Of accounting. Vol.3, No.2 Hal. 1-9.

Pairingan, Agustina, Dr. Paulus K. Allo Layuk, and Bill J.C Pangayow. 2018. “Pengaruh Kompetensi, Dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Dengan Motivasi Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Kasus Pada Inspektorat Dan BPKP Provinsi Papua).” Jurnal Akuntansi, Audit & Aset volume 1

Sekaran, Uma and Bougie, Roger. (2013). Research Methods for Business. A Skill-Building Approach. United Kingdom : John Wiley & Sons Ltd., Sixth Edition.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif, Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : Bumi Aksara.

Tuanakotta, Theodorus M. (2010). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.32897/ajib.2022.1.1.1321

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 AJIB (Audit, Pajak, Akuntansi Publik)

Published by:

Program Studi Magister Akuntansi
Direktorat Pascasarjana
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2830-0726 | e-ISSN: 2830-0645

Creative Commons License
Jurnal Audit, Pajak, Akuntansi Bisnis (AJIB) by Universitas Sangga Buana licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats