DIGITALISASI POTENSI ASLI DESA DAYEUHMANGGUNG DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) BERBASIS WEBSITE

Gunawansyah ., Gunawan ., Riffa Haviani Laluma, Djoko Pitoyo

Abstract


Dayeuhmanggung merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Propinsi Jawa Barat. Memiliki jumlah warga sebanyak 4607 warga atau 1.323 KK dengan mata pencaharian terbesar adalah buruh harian, pegawai BUMD, pengrajin dan pedagang. Desa yang memiliki potensi keindahan alam dan UMKM yang sangat besar, namun belum bisa memaksimalkan potensi tersebut karena keterbatasan  dalam hal promosi  desa. Penguasaan dan pemanfaatan perkembangan teknologi menjadi salah satu solusi yang bisa di manfaatkan dengan baik karena bisa memberikan dampak yang sangat besar khususnya dalam penggunaan website dan media sosial. Media promosi yang sangat murah, tanpa batasan jarak dan waktu. Solusi promosi potensi desa  dan produk UMKM dalam sebuah website dapat memberikan keuntungan ganda bagi desa dan UMKM sehingga bisa memasarkan dan menjalin kerjasama dengan para pembeli dan investor sehingga bisa meningkatkan pendapatan asli desa.

Full Text:

PDF

References


H. T. Fristanto, “Pembuatan Website Promosi dan Pemesanan Produk Pada Home Industri Agro Santoso Jamur Punung Pacitan,” Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika dan Komputer FTI UNSA, Vol. 2, No. 1, ISSN: 2302-1136, Maret 2013.

Gunawansyah, Peti Savitri; “Pembangunan Sistem Seleksi Karyawan Secara Online Dengan Metode Simple Additive Weighting,” Jurnal Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya (SNIA), ISSN: 2339-2304), hal 176-181 2013

Abdul Halim dkk, 2012. Akuntansi Sektor Publik Akuntansi Keuangan Daerah. Edisi 4. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1999 Tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, http://www.djpk.kemenkeu.go.id/?p=353 (diakses 23 Juli 2021)

.[5] Utaminingtyas,Lestari. “Perangkat Lunak Pendukung Aktivitas Penyampaian Informasi dan Publikasi Berbasis Web”, 2000




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i2.1040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Jurnal Abdimas Sang Buana by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats