DIGITALISASI PEMASARAN HASIL PRODUKSI UMKM DESA

Authors

  • Novi Mardiana Universitas Sangga Buana
  • Ade Geovania Azwar Universitas Sangga Buana
  • Lina Nurhayati Universitas Sangga Buana
  • Nurwathi Nurwathi Universitas Sangga Buana
  • Wisnu Wijaya Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana
  • Inayati Nasrudin Universitas Sangga Buana
  • Dyah Kusumastuti
  • Sofiani Nalwin Nurbani

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v3i1.1150

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa menghadapi tantangan besar akibat pandemi Covid-19 dan kemajuan teknologi yang tak terelakkan. Desa Dayeuhmanggung di Kabupaten Garut sebagai salah satu sentra UMKM di Jawa Barat adalah salah satu pihak yang terkena dampak gelombang Covid-19 yang melanda dunia dan bermunculannya marketplace online. Pandemi memaksa pelaku UMKM memiliki keterbatasan dalam pemasaran produk-produknya karena adanya penutupan tempat-tempat wisata di Kabupaten Garut yang menjadi tempat pemasaran produk secara langsung. Keterbatasan pengetahuan tentang kemajuan teknologi juga membuat pelaku UMKM kesulitan untuk memperluas pangsa pasar. Dalam rangka mendorong UMKM Desa Dayeuhmanggung untuk bangkit, bertahan dan lebih maju, diperlukan terobosan dalam pemasaran produk-produk UMKM dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Digitalisasi pemasaran produk UMKM yang dilakukan melalui pengembangan website pemasaran desa adalah salah satu solusi yang dapat diambil pelaku UMKM. Website pemasaran akan dikelola oleh pelaku UMKM setelah rangkaian kegiatan PKM selesai dilaksanakan.


References

D. Juanedi dan F. Salistia, “Dampak Pandemi Covid-19 Tehadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak,” dalam Simposium Nasional Keuangan Negara, 2020.

S. N. L. Nalini, “Dampak Covid-19 Tehadap Usaha Mikro, Kecil dan Menengah,” JESYA : Jurnal Ekonomi dan Syariah, vol. 4, no. 1, pp. 662-669, 2021.

Mujianto, M. Ramaditya, M. Mustika, H. Tanuraharjo dan R. Maronrong, “Dampak Pandemi Covid-19 Pada UMKM Warung Ritel Tradisional Di Indonesia dan Strategi Bertahannya,” Jurnal STEI EKonomi, vol. 30, no. 02, pp. 60-74, 2021.

A. I. Fahrika dan J. Roy, “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Makro Ekonomi di Indonesia dan Respon Kebijakan yang Ditempuh,” INOVASI, vol. 16, no. 2, pp. 206-2013, 2020.

A. Amri, “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM di indonesia,” Jurnal Brand, vol. 2, no. 1, pp. 123-131, 2020.

B. S. A. Utami, "Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Sektor UMKM di Indonesia," Economie, vol. 3, no. 1, pp. 1-7, 2021.

R. Marginingsih, “Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sebagai Kebijakan Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM,” Moneter : Jurnal Akuntansi dan Keuangan, vol. 8, no. 2, pp. 110-116, 2021.

H. C. Maharani dan Jaeni, “Determinan Kebijakan Pemerintah Sebuah Solusi Keberlangsungan Usaha UMKM Ditengah Pandemi Covid-19,” AKSES : Jurnal Ekonomi dan Bisnis, vol. 16, no. 1, pp. 29-39, 2021.

R. Rosita, "Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM di Indonesia," Jurnal Lentera Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 109-120, 2020.

A. K. Pakpahan, "COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah," Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, vol. Edisi Khusus, pp. 59-64, 2020.

Nurwathi, AG. Azwar, N.Mardiana, A.Munandar, D. Pitoyo, I.Nasrudin, S.Nalwin Nurbani dan L.Nurhayati, “Pendampingan Proses Produksi Makanan Ringan Di PD. Nesif Desa Dayeuh Manggung Kabupaten Garut,” Jurnal Abdimas Sang Buana, vol. 2, no. 1, pp. 14-19, 2021.

AG. Azwar, Nurwathi, N. Mardiana, L.Nurhayati, D. Pitoyo, A.Munandar, I.Nasrudin dan S.Nalwin, “Perancangan Pemasaran Online Berbasis E-Commerce Pada Produk UMKM PD NESIF Studi Kasus Di Desa Dayeuhmanggung Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut,” Jurnal Abdimas Sang Buana, vol. 2, no. 2, pp. 51-55, 2021.

S. Al Farizi, B. Nuari dan Harmawan, “Data transparency and information sharing: Coronavirus prevention problems in Indonesia,” Jurnal Admninistrasi Kesehatan Indonesia, vol. 8, no. 1 Special Issue, pp. 35-50, 2020.

D. A. Fadhilah dan T. Pratiwi, “Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing,” Jurnal Ilmiah Manajemen, vol. XII, no. 2, pp. 17-22, 2021.

M. T. Febriyantoro dan D. Arisandi, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN,” JMD : Jurnal Manajemen Dewantara, vol. 1, no. 2, pp. 62-76, 2018.

D. R. Sari, "Digital Marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan," Cakrawala, vol. 10, no. 2, pp. 107-112, 2016.

Downloads

Published

2022-05-31