STRATEGI INOVASI PRODUK OPAK ODED DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA CONGGEANG WETAN KABUPATEN SUMEDANG

Keni Kaniawati, Ifa Latifah, Fansuri Munawar, Yanny Iriani, Meriza Hendri

Abstract


Kondisi pandemi covid-19 saat ini mempengaruhi semua sektor usaha salah satunya Opak Oded, diantaranya adalah penurunan omset sampai 75%, jumlah karyawan yang awal mula 70 menjadi 43 karyawan, kurangnya modal dan akses pembiayaan karena arus pendapatan yang kurang baik, bahan baku langka dan mahal di karenakan jalur transportasi terhalang oleh PSBB, hal lain yang dihadapi mitra yaitu belum terdaftar dalam BPOM, belum memperoleh sertifikat SNI, belum memperoleh HAKI juga Hak Paten produk padahal produk Opak Oded sudah luas jaringan pasarnya. Tujuan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Desa Conggeang Wetan  Kabupaten Sumedang, yaitu : 1).Memberikan kontribusi kepada mitra usaha Opak Oded atas permasalahan yang dihadapi 2).Memberikan pelatihan, simulasi pendampingan pada usaha Opak Oded terkait dengan permasalahan yang dihadapi 3).Membantu membuatkan proses prosedur pendaftaran produk ke BPOM, dan pendaftaran produk bersertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia), 4).Memberikan pelatihan pengurusan HAKI khususnya hak paten produk. Adapun metode pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan untuk mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu memberikan pelatihan, simulasi, pendampingan, monitoring dan evaluasi kepada mitra mengenai  pemasaran yang meliputi: Inovasi Produk, pengelolaan produksi dan mutu produk, strategi pemasaran  secara digitalisa, memberikan pelatihan pengurusan HAKI khususnya disini hak paten produk. Dengan dilaksanakanya PKM ada perubahan, usaha Opak Oded sudah memiliki website, pemasaran produk dilakukan secara digital  (kini sudah memiliki face book, instragram), terbentuknya kelompok masyarakat  pengusaha yang kreatif, inovatif dan mandiri yang dapat meningkatkan usahanya melalui inovasi produk dan pengelolaan produksi yang lebih baik, dan kemampuan  dalam mengurus Haki serta paten produk untuk setiap varian produk yang mereka hasilkan. 

Kata Kunci: Inovasi Produk; Manajemen Pemasaran; Digital Marketing; Pengembangan Usaha ;UMKM  

Full Text:

PDF

References


P. Carlsson-Szlezak, M. Reeves, and P. Swartz, “What Coronavirus Could Mean for the Global Economy,” Harvard Business Review, Mar. 03, 2020. Accessed: Jan. 30, 2022. [Online]. Available: https://hbr.org/2020/03/what-coronavirus-could-mean-for-the-global-economy

S. Markovic, N. Koporcic, M. Arslanagic-Kalajdzic, S. Kadic-Maglajlic, M. Bagherzadeh, and N. Islam, “Business-to-business open innovation: COVID-19 lessons for small and medium-sized enterprises from emerging markets,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 170, p. 120883, Sep. 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2021.120883.

S. Gavrila Gavrila and A. de Lucas Ancillo, “Spanish SMEs’ digitalization enablers: E-Receipt applications to the offline retail market,” Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 162, p. 120381, Jan. 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2020.120381.

OECD, “Coronavirus (COVID-19): SME Policy Responses,” p. 169, 2020.

W. and S. Wenzel, Stanske and Lieberman, “Strategic responses to crisis,” Strateg. Manag. J., vol. 42, no. 2, pp. O16–O27, 2021, doi: 10.1002/smj.3161.

N. Ind, O. Iglesias, and S. Markovic, “The co-creation continuum: from tactical market research tool to strategic collaborative innovation method,” J. Brand Manag., vol. 24, no. 4, pp. 310–321, Aug. 2017, doi: 10.1057/s41262-017-0051-7.




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v3i1.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Jurnal Abdimas Sang Buana by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats