PENINGKATAN DESAIN FOTO PRODUK DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL KELOMPOK UMKM MAKANAN DI KECAMATAN CINAMBO

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2673

Abstract

Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah salah satu sektor bisnis yang memiliki kapasitas untuk berkembang secara konsisten dan stabil dalam ekonomi nasional. Perlu ada strategi khusus untuk pemulihan ekonomi karena wabah COVID-19 sangat dirasakan oleh UMKM dan pariwisata, karena keduanya sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi. UMKM di Kelurahan Cisaranten Wetan Kecamatan Cinambo juga mengalami permasalahan berkaitan dengan masa Covid-19 ini. Beberapa UMKM tersebut setelah Covid-19 mulai bangkit. Para UMKM ini terdiri dari usaha di bidang kuliner, yaitu kuliner rujak, rempeyek, rangginang, bakso pentol, makanan pepes, bawang goreng, dan roti. Permasalahan yang terjadi pada para UMKM ini untuk mengembangkan produknya adalah kesulitan mereka dalam mendesain foto produk untuk ditampilkan di media sosial maupun cara memasarkan yang lebih baik di media sosial. Media sosial ini sangat penting bagi mereka karena untuk memperluas pemasaran produknya yang tidak hanya mengandalkan konsumen di sekitarnya saja. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka dilakukan pelatihan untuk desain foto produk dan pemasaran produk-produk UMKM tersebut dalam bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan menggunakan aplikasi Canva karena relatif mudah digunakan melalui handphone yang tentunya dimiliki oleh para UMKM tersebut. Pemasaran produk menggunakan Instagram, karena saat ini Instagram banyak digunakan dan mudah penggunaannya. Kegiatan PKM ini menunjukkan ketercapaian peserta untuk pelatihan desain produk sebesar 72,73 % serta ketercapaian pelatihan pemasaran digital melalui Instagram sebesar 78,18%.  Berdasarkan IKU Perguruan Tinggi juga telah tercapai 2 orang mahasiswa melakukan mendapat pengalaman di luar kampus (IKU 2) serta hasil kerja 3 orang Dosen digunakan oleh masyarakat (IKU 5).

References

Halim A. Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan. 2020;1(2).

Al Farisi S, Fasa MI, Suharto. Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah. 2022;9(1).

Aliyah AH. Peran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Ekonomi. 2022;3(1).

Sutrisno E. Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor UMKM Dan Pariwisata. Jurnal Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia. 2021;9(1).

Mangku DGS, Yuliartini NPR, Hartana. Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha. 2022;10(3).

Chaerani D, Talytha MN, Perdana T, Rusyaman E, Gusriani N. Pemetaan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Pada Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat. 2020;9(4).

Tarigan ZNAB, Dewi FN, Pribadi Y. Keberlangsungan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Di Masa Pandemi: Dukungan Kebijakan Pemerintah. Jurnal BPPK. 2022;15(1).

Undari W, Lubis AS. Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. 2021;6(1).

Apriani N, Said RW. Upaya Perlindungan Hukum Terhadap Industri Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Indonesia. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial. 2022;3(1).

Suyadi, Syahdanur, Suryani S. Analisis Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kabupaten Bengkalis-Riau. Jurnal Ekonomi KIAT. 2018;29(1).

Diana, Hakim L, Fahmi M. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Umkm Di Tangerang Selatan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis. 2022;3(2).

Raharja SJ, Natari SU. Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2021;4(1).

Minzenberg R, Doerfel M. Method System And Simulation Or Analysis Model For Data Processing. 2009.

Downloads

Published

2023-11-30