PENDAMPINGAN KSM GELIS-IH MELALUI LITERASI SAMPAH DI JAMARAS KOTA BANDUNG

Authors

  • Vera Hermawan Universitas Pasundan
  • Dhini Ardianti Universitas Pasundan
  • Tini Martini Tapran Generasi Semangat Selalu Ikhlas (GSSI)

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2949

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) literasi sampah melalui pemanfaatan media informasi di Jamaras Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, dilaksanakan per Januari 2022 selama 8 bulan. Mitra merupakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di Jamaras RW 02, dengan populasi 1031 Jiwa. Pengelolaan sampah dibutuhkan melalui pendekatan komunikasi kepada KSM Gelis Ih (Gerakan Lingkungan Bersih). Permasalahan yang dihadapi di Jamaras adalah minimnya literasi tentang sampah dan juga sarana prasarana dalam pengelolaan sampah. Mitra terkendala dengan keterbatasan personil KSM sebagai motor penggerak pengelolaan sampah, sehingga diperlukan komunikasi persuasif, informasi dan edukasi untuk mengajak keterlibatan warga, dan peran dari pemangku kepentingan untuk mewujudkan kawasan bebas sampah. Solusi atas permasalahan ini melalui literasi sampah secara komprehensif, melalui pemanfaatan perangkat media informasi, kolaborasi antara pihak DLH, DKPP, GSSI, Ketapang.kita, perguruan tinggi dan stakeholder lainnya, hingga terorganisir dengan baik, dan pendampingan KSM Gelis Ih pengelolaan sampah untuk memberikan dampak positif bagi lingkungan dan pola hidup mitra. Metode pelaksanaan yang dilakukan melalui pendampingan dan menyiapkan perangkat media informasi untuk kebutuhan literasi. Pengintegrasian komunikasi top-down dan bottom-up untuk mengimplementasikan pengelolaan sampah. Hasil kegiatan PKM literasi sampah di Jamaras memiliki target mendukung kolaborasi dalam mewujudkan kawasan bebas sampah secara berkelanjutan. Kegiatan PKM FISIP Unpas yang dilakukan adalah social mapping dengan melakukan observasi dan wawancara dengan perangkat RW, Focus Group Discussion (FGD) bersama KSM Gelis Ih, dan pihak fasilitator ketapang.kita (GSSI), penyerahan bibit pohon hortikultura, liputan video pembuatan eco enzyme, serta fasilitasi signboard informasi jadwal pengangkutan dan pengelolaan sampah di Green House milik RW 02 Jamaras, atas inisiasi ketapang.kita.

Author Biography

Tini Martini Tapran, Generasi Semangat Selalu Ikhlas (GSSI)

Aktivis Lingkungan dan Sampah Kota Bandung

References

Sucipto CD. Teknologi Pengolahan Daur Ulang Sampah. Teknol Pengolah Daur Ulang Sampah. 2009;

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung. Laporan Pencapaian KangPisman. Bandung; 2019.

Suwandi S. Pendidikan Literasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2019.

Abidin Y, Mulyati T, Yunansah H. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Bumi Aksara. 2017.

Ardianti, et al. Komunikasi Lingkungan Dalam Perspektif Green Politics (Studi Kasus Komunikasi Kebijakan dan Partisipasi Stakeholder Dalam Penanganan Sampah di Kota Bandung. Disertasi Universitas Padjadjaran. 2023.

Ardianti, et al. The Waste Management and The Environmental Campaign "KangPisman" to Awareness of the Environmental Sustainibility's Importance. Journal of Environmental Management and Tourism. 5(61), 1282-1293; Fall 2022.

Hendra, Y. Perbandingan Sistem Pengelolaan Sampah di Indonesia dan Korea Selatan: Kajian 5 Aspek Pengelolaan Sampah. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 7(1), 77-91; 2016.

Sidiq, R. S. S. Environmental Protection to Mitigate The Annual Forest and Land Fires Crisis in Riau Province Indonesia. International Journal on Social Science, Economics and Art, 9(3), 164-172; 2019.

Qodriyatun, S. N. Bentuk Lembaga yang Ideal Dalam Pengelolaan Sampah di Daerah (Studi di Kota Malang dan Kabupaten Gianyar). Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 6(1), 13-26; 2015.

Siswantini, S., & Mahestu, G. Dilema Kebijakan Pengadaan Layanan Pengelolaan Sampah di Kota Bandung, Prosiding Konferensi Nasional Komunikasi, 2(01), 553-561; 2018.

Puspa, B. B. Kajian Konsep Pengelolaan Sampah yang Terintegrasi untuk Mendukung Pengelolaan Sampah yang Berkelanjutan di Kota Pekanbaru (Disertasi: Fakultas Teknik Universitas Pasundan); 2017.

Mustikawati, et al. Strategi Komunikasi Lingkungan dalam Penanganan Sampah di Kampung Cibunut Berwarna Kota Bandung. Judika: Jurnal Diseminasi Kajian Ilmu Komunikasi. 1(1), 42-52; 2023.

Downloads

Published

2023-11-30