BISNIS ALTERNATIF COSTUME MAKER PADA INDUSTRI COSPLAY DI BANDUNG

Authors

  • Dian Rizky Azhari Sekolah Tinggi Bahasa Asing YAPARI
  • Asep Achmad Muhlisian Sekolah Tinggi Bahasa Asing Yapari

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2968

Abstract

Workshop bisnis alternatif costume maker merupakan kelanjutan dari temuan penelitian mengenai fenomena cosplay dan crossplay yang berkaitan dengan tujuan cosplayer melakukan cosplay salah satunya terkait dengan bidang ekonomi yakni pengembangan usaha untuk menghasilkan uang dari industri cosplay sebagai salah satu bagian dari dunia budaya populer yang sedang berkembang. Salah satu bentuk industri cosplay di Bandung yakni industri costume maker yang menjadi bagian dari usaha cosplayer untuk mendapatkan relasi dan menghasilkan uang. Tujuan workshop ini diadakan untuk memperkenalkan industri costume maker kepada peminat cosplay sebagai bisnis alternatif yang menguntungkan. Metode yang digunakan adalah workshop atau pelatihan dan praktik dengan tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pelaporan. Materi yang diberikan terkait pembuatan kostum menggunakan bahan lunak dan keras. Seluruh peserta mengikuti seluruh acara dengan antusias dan hasil dari kegiatan ini adalah saat pelaksanaan 14 peserta (87%) sangat tertarik dan antusias mengikuti workshop untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan wawasan baru terkait bisnis alternatif costume maker dan praktik membuat kostum dari bahan yang sesuai dengan karakter yang akan dipertunjukkan dalam cosplay, sedangkan 2 peserta (12,5%) mengaku hanya coba-coba saja. Dari segi manfaat 12 (75%) peserta mengaku mendapatkan manfaat signifikan dan ingin mencoba membuat kostum sendiri, 1 (6,25%) peserta mengaku ingin menjadi cosplayer setelah melihat workshop dan 3(18,75%) peserta mengaku hanya coba-coba saja dan ingin mendapatkan sertifikat setelah mengikuti workshop ini. 

References

Venus A. Budaya populer Jepang di Indonesia: catatan studi fenomenologis tentang konsep diri anggota cosplay party Bandung. Jurnal ASPIKOM. 2017;1(1):71-90.

Widyastuti PA, editor The Role of Cross Cosplay Visualization in Indonesia Cosplay Industry. IICACS: International and Interdisciplinary Conference on Arts Creation and Studies; 2019.

Widyastuti PA, Pertiwi R, Huddiansyah H, editors. Peran Digitalisasi dalam Fenomena Perubahan Produk Cosplay Buatan Cosmaker pada Industri Cosplay Indonesia. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi); 2019.

Wahyuni AS. Studi peluang usaha costume play (cosplay) di Kota Malang: Universitas Negeri Malang; 2019.

Cahyadi D, Farid M, Lanta L LL. Creating Creative Cosplay Industry in Indonesia using Vacuum Forming Technology. 2019.

Timothy E, Hidayat Z. Cosplay in Indonesia: It’s Not Just Cosplay, It’sa Business Opportunity. 2020.

Afriani A, Bastaman WNU. Perancangan Busana Ready to Wear Dengan Inspirasi Cosplay Bergenre Magical Girl. eProceedings of Art & Design. 2020;7(2).

Mutiarin B. Perkembangan Pembuatan Kostum Cosplay "Fufu Armor" Terhadap Potensi Sumber Dayanya. Literacy: Jurnal Ilmiah Sosial. 2019;1(2):73-81.

Widyastuti PA. Pembelajaran 3D Printing sebagai metode perancangan produk kostum (Studi Kasus: industri cosplay). Productum: Jurnal Desain Produk (Pengetahuan dan Perancangan Produk). 2020;3(7):231-8.

Haes PE, Pratiwi NI. Pagelaran Budaya Jepang dalam Perspektif Dramaturgi Japanese Culture Performance in Dramaturgy Perspective. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 2019;2(2).

Mahesvari ZR. Perjanjian Costume maker dan Cosplayer dalam Pembuatan Kostum di Wilayah Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada; 2016.

Widyaningrum PW. Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah. 2016;2(2):230-57.

Juniawan FP, Mayasari MS, Pradana HA, Tommy L, Sylfania DY. Pelatihan Digital Marketing Guna Meningkatkan Kompetensi Masyarakat Desa Kace Timur, Bangka. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat). 2023;6(1):17-25.

Downloads

Published

2023-11-30