DISEMINASI DAN EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH JAMAAH MASJID KELURAHAN SARIJADI KOTA BANDUNG

Authors

  • Erwan Komara Universitas Sangga Buana
  • Hayun Setiawan Universitas Sangga Buana
  • Nurhaeni Sikki Universitas Sangga Buana
  • Hersusetiyati Hersusetiyati Universitas Sangga Buana
  • Kosasih Kosasih Universitas Sangga Buana
  • Vip Paramarta Universitas Sangga Buana
  • Deni Nurdyana Hadimin Universitas Sangga Buana
  • A. Andini Radisya Pratiwi Universitas Sangga Buana
  • Norikazu Suzuki Asari Gakuan Japan
  • Akmal Fauzi Yudistira Universitas Sangga Buana
  • Sri Dati Octaviani Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v4i2.2982

Abstract

Sampah masih menjadi barang buangan yang belum termanfaatkan secara ekonomis. Padahal masih ada sampah yang berpotensi ekonomis yang jumlahnya mencapai 13,2 juta ton atau 72,5%, terdiri dari 54,3% sampah organik dan 18,2% sampah anorganik. Hal ini ada hubungannya dengan tingkat kesadaran dan pola perilaku masyarakat terhadap sampah tersebut. Oleh karena itu, Tim PKM memandang perlu diadakan satu gerakan penyadaran dan penambahan wawasan masyarakat tentang sampah, sehingga pola perilaku mereka terhadap sampah menjadi lebih baik. Metode yang digunakan adalah metode diseminasi dan edukasi melalui penyuluhan, pembimbingan, dan pengarahan. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan ada perubahan perilaku pada sebagian masyarakat terhadap sampah. Hal ini ditunjukkan dengan kemauan mereka dalam memilih-memilah sampah dan memisah-misahkannya menjadi empat golongan. Golongan 1, sampah plastik; golongan 2, sampah kertas; golongan 3, sampah anorganik; dan golongan 4, sampah residu. Sampah golongan 1 dan 2 diberikan kepada pemulung. Sampah golongan 3 dimasukan ke biopori. Adapun sampah golongan 4 dibuang ke TPS atau TPA. Dengan demikian ada pengurangan jumlah sampah yang dibuang dan interval pembuangan sampah lebih jarang dari 2-3 hari 1 kali menjadi 1 bulan 1 kali.

References

Taufika Hidayati, Yulia Tiara Tanjung. Sosialisasi Kesadaran Masyarakat Terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup Di Smk Ridho Zahra Besitang. Jurnal Abdimas Upmi. 2022;2.

Ratnasari J, Chodijah S. Kerusakan Lingkungan Menurut Sains Dan Ahmad Mustafa Al-Maraghi: Studi Tafsir Al-Maraghi Pada Surat Al-Rum Ayat 41, Al-Mulk Ayat 3-4 Dan Al-A’raf Ayat 56. Al Tadabbur: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir. 2020;5(1).

Marpaung Dn, Iriyanti Yn, Prayoga D. Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2022;13(1).

Puspitasari Rl, Sugoro I, Elfidasari D, Perdana At. Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Daur Ulang Sampah Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sdn 03 Cempaka Putih, Ciputat, Tangerang Selatan. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Sains Dan Teknologi. 2018;4(2).

Wulandari Brd. Strategi Adaptasi Masyarakat Terhadap Sampah Limbah Rumah Tangga Dengan Mengaplikasikan 3r (Recycle, Reuse, Dan Reduce) Di Desa Jerowaru. Jurnal Warta Desa (Jwd). 2019;1(1).

Riswan R, Sunoko Hr, Hadiyarto A. Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Di Kecamatan Daha Selatan. Jurnal Ilmu Lingkungan. 2012;9(1).

Komara E, Djogo Yo, Setiawan H, Witarsa Dr, Komarasakti D, Paramarta V, Et Al. Menggali Potensi Wisata Alam Di Sungai Cibeureum Dan Curug Aleh Kota Bandung. Jurnal Abdimas Sang Buana. 2023 May 29;4(1):36.

Daffa M. Solusi Pengolahan Sampah Dalam Problem Pencemaran Bumi Untuk Kebersihan Lingkungan Hidup: Studi Syarah Hadis. Jurnal Riset Agama. 2021;1(2).

Hasanah H. Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum. 2017;8(1).

Khaatimah H, Wibawa R. Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 2017 Oct;2(2):76–87.

Suwarto K, Sari Mp, Priliantini A. Diseminasi Informasi Publik Oleh Humas Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Dalam Meningkatkan Public Awareness. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika. 2018;7(3).

Triyono A, Nurimani N, Nuary Rh, Wibowo T. Diseminasi Media Pembelajaran Berbasis Flippbook Untuk Mendukung Asyncrhonous Learning Di Smp-Sma Bunda Kandung Jakarta. Jurnal Pengabdian Undikma. 2022;3(2).

Kemdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia,” In Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2021;

Downloads

Published

2023-11-30