MEMULAI LANGKAH KECIL UNTUK GENERASI BARU

Djoko Pitoyo, Muhammad Reza Gunawan, Helgi Ginanjar, Mirwan Malik Kustoni, Farhan Fikri Faturohman, Ghibanna Bakhrain, Ajeng Istiqomah, Shinta Nuraeni, Anggun Ahmad Fauzi, Maulana Yusuf, Muchamad Rizky, Heri Husni Kamal, Muhammad Fadil, Sifa Nurasiah, Anindita Asokawati, Bias Pratista Lembayung, Magdalena Magdalena, Ida Farida, Dwi Siti Sulistyowati, Nunung Fauziah, Muhammad Sayyid Alshiddiqi, Muhammad Lukmanul Hakim, Edo Wardo Haloho, Silvia Kartika, Shendy Susanto, Nenny Hendajany

Abstract


Bagi masayarakat perkotaan, sekolah merupakan hal yang biasa, dan tidak perlu ada usaha yang besar untuk mendapatkan pendidikan di sekolah tersebut. Namun untuk anak-anak di daerah pelosok, banyak sekali yang menjadi rintangan untuk dapat bersekolah dan mendapatkan pendidikan, mulai dari faktor motivasi, dukungan, dan bahkan sarana prasarana sekolah itu sendiri. Himpunan Mahaiswa Teknik Industri (HMTI) Universitas Sangga Buana melihat fenomena tersebut sebagai masalah dan mengusulkan kegiatan Pengabdian Masyarakat (PKM) untuk menangani masalah tersebut. PKM dilakukan di MI Al-Kautsar Kec. Blubur Limbangan, Garut selama 3 hari dengan metode pemberian bantuan baik secara fisik maupun moril. Kegiatan PKM ini hanya merupakan suatu langkah kecil yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa HMTI, namun semoga dapat memberikan dampak yang besar bagi pendidikan dan masa depan generasi penerus bangsa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Mujib, Abdul, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Wulandari, Antonina Pantja Juni & Astrini. "Peran Pendidikan Agama dan Kewarganegaraan di SMA dalam Meningkatkan Karakter Tangguh, Kompetitif dan Dinamis", Jurnal Psikologi Ulayat, Vol. 1 No. 2, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v1i1.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.