PEMANFAATAN EKONOMI KREATIF DI KELURAHAN PASTEUR

Bambang Susanto, R. Aryanti Ratnawati, Ae Suaesih, Didin Saepudin, Henda Hendawati, Nenny Hendajany, Eva Rachmawati, Erna Garnia, Ine Aprianti, Deden Rizal

Abstract


Kota Bandung menjadi salah satu kota kreatif di Jawa Barat yang memiliki pusat ekonomi kreatif dengan program One Village One Company. Industri kreatif telah membawa era baru dalam dunia bisnis yang saat ini tidak lagi bersifat eksklusif bagi mereka yang memiliki modal besar. Kegiatan ini diharapkan adanya pengembangan ilmu dan wawasan untuk dapat meningkatkan ekonomi kreatif lokal dan UMKM yang akan datang yang mana ekonomi kreatif sangat di butuhkan oleh masyarakat. Workshop yang dilakukan di Kelurahan Pasteur dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat dan memotivasi masyarakat untuk bisa lebih maju dengan bahan yang ada. Potensi pariwisata sangat bagus, banyak wisatawan yang suka membeli oleh-oleh khas Bandung. Maka dari itu masyarakat harus bisa mengolah bahan yang ada menjadi lebih kreatif dan inovatif baik dari kuliner maupun dari bidang lain. Kegiatan pengabdian ini adalah sarana membagikan pengalaman langsung dan ilmu lebih detail khusus tentang bagaimana kita bisa berwisausaha, yang mana ilmu yang sudah di terima dapat di aplikasikan langsung guna menunjang perkembangan industri yang masih dalam tahap pembenahan baik mulai dari pemilihan bahan baku yang tepat untuk menghasilkan nilai jual yang kompetitif.

Full Text:

PDF

References


https://accurate.id/akuntansi/cara-dan-contoh-membuat-laporan-keuangan-sederhana/https://jabar.sindonews.com/read/2573/1/ridwan-kamil-ekonomi-kreatif-program-unggulan-terbaik-jabar-masa-depan-1541589096)

http://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/viewFile/6471/5830

https://media.neliti.com/media/ publications/267974-peran-media-sosial-dalam-mendukung-pemas-118e37b9.pdf

https://www.maxmanroe.com/ vid/bisnis/ekonomi-kreatif.html




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v1i1.434

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.