PENINGKATAN SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI INFORMASI DAN TEKNOLOGI PADA UMKM DI KECAMATAN SUKAJADI

Didin Saepudin, Bambang Susanto, Erna Garnia, R. Aryanti Ratnawati, Fitria Lilyana, Rusmin Nuryadin, Wiwin Sukiati, Yuli Nawangsasi, Ae Suaesih, Henda Hendawati, Nenny Hendajany, Eva Rachmawati, Ine Aprianti, Bambang Rustandi, Sri Wahyuni, Deden Rizal, Tiktik Sartika, Wuri Handayani

Abstract


Kemampuan dan pengetahuan para wirausahawan tehadap ilmu manajemen keuangan sangat kurang, sehingga dalam pengelolaan bisnisnya mengalami hambatan. Terlihat dari pengelolaan keuangan yang masih menggunakan skala kecil, belum menggunakan sistem imformasi secara terintegrasi untuk mengelola keuangan yang lebih baik, belum banyak menggunakan teknologi di bidang pemasaran serta ketepatan sasaran yang dilakukan oleh para wirausaha,  kekurangan ide untuk melakukan inovasi dari bahan baku yang sudah ada ataupun mencari ide/gagasan baru. Tujuannya memfasilitasi peningkatan kemampuan pengelolaan usaha (produksi, keuangan, pemasaran dan SDM) dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui ekonomi kreatif. Metode yang digunakan berbentuk workshop dengan pelaksanaan kegiatan pada tanggal 11 September 2019. Pelaksanaan workshop bertempat di Universitas Sangga Buana. Adanya transfer pengetahuan dari akademisi dan atau praktisi dalam upaya membantu pemecahan permasalahan dalam membangun UMKM yang baru bergerak, bahkan yang sudah berjalan untuk dapat menciptakan wirausaha yang baru yang kompeten dengan keahlian jenis usahanya. Dengan adanya workshop dapat menjadikan bekal yang mumpuni untuk para UMKM dapat mengaplikasikannya langsung untuk melakukan usaha dengan berkelanjutan namun terdapat beberapa kendala yang masih harus dipecahkan.

Full Text:

PDF

References


https://solusiukm.com/gimana-nentuin-harga-pokok-penjualan-bagi-umkm/

https://www.jurnal.id/id/ blog/cara-mudah-membuat-laporan-keuangan-sederhana-bagi-ukm/

https://klikpajak.id/blog/tips-pajak/aspek-perpajakan-umkm/

https://www.jurnal.id/ id/blog/2018-strategi-pemasaran-yang-efektif-untuk-ukm/

https://ekonomi.bisnis. com/read/20191213/12/1181057/pengembangan-umkm-pemasaran-dan-promosi-masih-jadi-kendala

https://www.neliti.com/ publications/19599/pengembangan-usaha-mikro-kecil-dan-menengah-umkm-berbasis-ekonomi-kreatif-di-kot




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v1i1.435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.