PELATIHAN PENGENALAN AKUNTANSI DAN PENGUATAN TATA KELOLA KOPERASI

Erik Nugraha, Henda Hendawati, Wiwin Sukiati, Nenny Hendajany

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilatarbelakangi hasil survey awal pada Koperasi PKK Taruna Parahyangan, terdapat permasalan-permasalah yang diantaranya adalah : (a) Pengurus belum memiliki prosedur dan pencatatan yang sesuai dengan prinsip akuntansi berterima umum; (b) Pengurus kesulitan dalam melakukan penjualan barang-barang konsumsi yang disediakan oleh koperasi, hal ini disebabkan karena para anggota koperasi lebih senang berbelanja barang-barang konsumsi dari pihak lain. Tujuan kegiatan ini membahas mengenai teknis pencatatan dan sistem akuntansi, standar operational prosedure (SOP), azas dan prinsip untuk entitas koperasi, serta strategi dalam mengembangkan warung serba ada (waserba). Pengabdian ini menggunakan pendekatan pelatihan berupa Fokus Grup Diskusi (FGD), sedangkan sasaran pengabdian yaitu pengurus dan sebagai anggota Koperasi PKK Taruna Parahyangan yang berjumlah 30 orang. Hasil pelaksanaan pengabdian ini adalah sebagai berikut : (1) Telah dilaksanakan workshop mengenai azas dan prinsip Koperasi; (2) Telah dilaksanakan worksop mengenai strategi pengembangan Warung Serba Ada (waserba); (3) Telah dilaksanakan workhop mengenai pentingnya pembuatan prosedur dalam rangka meningkatkan tata kelola koperasi; (4) Telah dilaksanakan workshop mengenai konsep dasar akuntansi dan penyelesaian latihan kasus pencatatan akuntansi.

Full Text:

PDF

References


Finance.Detik.com. (2018). RI Punya 150.000 Koperasi, Kontribusi ke Ekonomi Hanya 4%. Diperoleh 23 November 2018, dari https://finance.detik.com/moneter/d-3580648/ri-punya-150000-koperasi-kontribusi-ke-ekonomi-hanya-4

Indonesia (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoprasian. Jakarta : Menteri Sekertaris Negara Republik Indonesia.

Weygandt., Kimeel., Kieso. (2015). Accounting Principles. Twelfth Edition. John Wiley & Sons




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v1i2.494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.