PEMANTAUAN PILKADA UNTUK PENGUATAN DEMOKRASI LOKAL Di KABUPATEN BANDUNG TAHUN 2020

Tatang Sudrajat, Witri Cahyati, Muhammad Dadi Priadi, Pupi Indriati Zaelani, Nurhaeni Sikki, Hayun Setiawan, Yuyun Yuniarsih, Sandra Irawaty, Leni Rohida, Dwi Handayani

Abstract


Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pilkada sangat penting dalam turut mendukung penyelenggaraannya yang lebih berkualitas. Perguruan tinggi berkesempatan menjadi lembaga pemantau melalui proses akreditasi oleh penyelenggara pilkada sekaligus sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Dalam tahapan pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS serta rekapitulasi penghitungan suara di KPU Kabupaten Bandung tidak selamanya sesuai dengan ketentuan regulasi pilkada. Tujuan pemantauan adalah untuk mendapatkan gambaran yang nyata tentang kedua tahapan pilkada tersebut, melalui observasi, wawancara terbatas dan dokumentasi. Secara umum, kegiatan di TPS dan KPU Kabupaten Bandung telah berjalan sesuai dengan ketentuan, termasuk mengenai protokol kesehatan. Terdapat beberapa ketidaksesuaian pelaksanaan di TPS dengan regulasi pilkada. Pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara dan rekapitulasi penghitungan suara yang berjalan sesuai dengan regulasi pilkada, memberi arti penting bagi penguatan demokrasi di tingkat lokal. Perlu dilakukan penataan dan perbaikan oleh KPU Kabupaten Bandung terhadap beberapa aspek pelaksanaan di TPS.

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, M. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik. Edisi Revisi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Michael, E. J. (2006). Public Policy: The Competitive Framework. South Melbourne: Oxford University Press.

Rahmawati, Novarinda Adelina. 2018. “Jalan Panjang Aktor Pemantau Pemilu”. Jurnal Transformative. Vol. 4. No.1 Maret 2018.

Simanjuntak, Novembri Yusuf. 2017. “Pemantauan Dalam Proses Penyelenggaraan Pemilu”. Jurnal Bawaslu. Vo. 3 No. 3. ISSN 2443-2539

Dewi, Sofi Rahma. 2016. “Sinergitas Stakeholder, Menciptakan Pemilu Berkualitas”. Jurnal Inspirasi Demokrasi. KPU Jawa Timur. Edisi 12. Oktober 2016.




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i1.625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.