PEMANFAATAN HASIL PRODUKSI COCOPEAT UNTUK PENGEMBANGAN UKM

Anita Syafariah, Yushar Kadir, Muhamad Ryanto, Rudy Gunawan

Abstract


Dalam memproduksi suatu produk, biasanya ada limbah yang kurang termanfaatkan bahkan cenderung diabaikan. Padahal limbah tersebut dapat dimanfaatkan supaya bernilai ekonomi. Sebagai salah satu contoh di Dusun Sidahurip Desa Cintakarya Kecamatan Parigi Pangandaran Jawa Barat, limbah dari serabut kelapa (coco fiber)  dan serbuk sabut kelapa (cocopeat). Limbah-limbah trersebut dapat dimanfaatkan berupa asesoris atau pernak pernik atau kerajinan tangan lain, sehingga berdaya jual tinggi.

Kami dari Tim Pengabdian Kepada Masyakarat (PKM) Dosen Tetap Fakultas Teknik Universitas Sangga Buana (USB) YPKP Bandung, berencana akan memanfaatkan limbah tersebut dijadikan Produk olahan atau kreatifitas yang berasal dari serbuk sabut kepala seperti : Frame (Pigura), alat untuk menyimpan paku softboard/jarum pentul, polybag, pot bunga, asbak, tatakan gelas, tatakan panci, dan sebagai media tanam. Dan dilihat dari proses pengerjaannya tidak terlalu memerlukan biaya besar dan waktu yang lama, tergantung pada karyawan yang akan mengerjakannya.

Untuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang akan datang, kami tim akan lebih fokus kepada pembuatan polybag. Yang didalamnya akan dirinci bagaimana membuat polybag yang ramah lingkungan dengan pembiayaan yang efisien dan waktu yang efektif serta harga jual yang bersaing. 

Jika kami mendapatkan hibah dari Dinas Propinsi Jawa Barat atau hibah dari Kemenristek dikti, tim akan menyumbangkan alat/mesin untuk membuat polybag tersebut.



Full Text:

PDF

References


www.urbanina.com (diakses pada 18 Desember 2017)

http://id.wikipedia.org/wiki/Sabut (diakses pada: 07 Maret 2014)

http://id.wikipedia.org/wiki/Sabut (diakses pada: 07 Maret 2014)

www.cocopeat.com (diakses pada 18 Desember 2017)




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i1.626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Techno-Socio Ekonomika by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.