PENDAMPINGAN PROSES PRODUKSI MAKANAN RINGAN DI PD. NESIF DESA DAYEUH MANGGUNG KABUPATEN GARUT

Authors

  • Nurwathi Nurwathi Universitas Sangga Buana
  • Ade Geovania Azwar Universitas Sangga Buana
  • Novi Mardiana Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana
  • Djoko Pitoyo Universitas Sangga Buana
  • Inayati Nasrudin Universitas Sangga Buana
  • Sofiani Nalwin Nurbani Universitas Sangga Buana
  • Lina Nurhayati Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i1.633

Abstract

Kebijakan pemerintah dalam integrase dan menaikkan kelas UMKM harus didukung oleh masyarakat. Prodi Teknik Industri mendukung kebijkan tersebut dengan melakukan pendampingan proses produksi pada PD NESIF. Proses Produksi PD NESIF masih sangat tradisional. Hal ini ditandai dengan belum adanya standar proses produksi yang dimiliki oleh PD NESIF. Semua proses produksi dilakukan dengan Estimasi Analogous yang berdasarkan data proses produksi yang pernah dilakukan. Proses produksi yang baik tentu diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk. Tujuan pengabdian pada masyarakat ini adalah melakukkan pendampingan UMKM  PD NESIF sebagai bidang Teknik Industri. Tahap awal pendampingan merupakan proses survey dan observasi permasalahan yang kemudian didiskusikan dalam implementasinya. . Hasil Pendampingan didapatkan bahwa PD NESIF memiliki keinginan untuk memperbaiki proses produksi namun masih terkendala Motivasi dan komitmen jangka panjang.

References

A. Ratnasari, ”Peranan Industri Kecil Menengah (Ikm) dalam Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Ponorogo,” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), Vol 1 No 3, 2013.

Damar Suryo. Bowo, “ Analisis Perbaikan Proses Produksi Pada PT Sumber Teknik Sentosa,” Jurnal Manajemen Bisnis Vol 8 No.1, 2018.

S. Assauri, Manajemen Operasi Produksi (Pencapaian Sasaran Organisasi Berkesinambungan), Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Ramon Patrick. Karamoy, Petrus Tumade, Indrie Debbie Palandeng, “Implementasi Sistem Produksi Pada Industri kecil Menengah (Studi Kasus Pada : Industri Kecil Menengah “IKM” Di Desa Touliang Oki),” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol 16, 2016.

T. Baroto, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.

Rumanintya Lisaria. Putri, “Peningkatan Kualitas Produk Melalui Penerapan Prosedur dan Sistem Produksi: Studi Pada UD Wijaya Kusuma Kota Blitar,” Jurnal WRA, Vol 4, No 2, 2016.

Herlin. Herawati, dan Dewi Mulyani, “Pengaruh Kualitas Bahan Baku dan Proses Produksi terhadap Kualitas Produk Pada UD. Tahu Rosydi Pusapan Maron Probolinggo, “Prosiding Seminar Nasional : Dinamika Global Rebranding Keunggulan Kompetitif Berbasis Kearifan Lokal, 2016 [Online] Available:https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/3677/2867

Andi Suranta. Meliala, Nazaruddin Matondang, dan Rahmi M Sari, “Strategi Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kaizen,” Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 13 No. 2, 2014.

Downloads

Published

2021-05-30