PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP MELALUI PELATIHAN PAKAN IKAN MENGGUNAKAN MESIN PENGOLAH PAKAN IKAN DI DESA CIPEUNDEUY KECAMATAN CIPEUNDEUY KABUPATEN BANDUNG

Ahmad Munandar, Nurwathi Nurwathi, Udin Komarudin, Dadang Supriatna, Agus Sunarya

Abstract


Kemampuan masyarakat Indonesia dalam mengatasi permasalahan kehidupan terutama yang menyangkut kehidupan sehari-hari, sebagian besar masih mengandalkan potensi alam sekitar. Sayangnya potensi alam tersebut tidak diolah menjadi suatu produk yang memiliki nilai tambah. Terutama saat potensi alam perlu mendapat sokongan dari luar wilayah tersebut. Kecamatan Cipeundeuy kabupaten Bandung, terdapat sentra petani ikan, tepatnya di Desa Cipeundeuy, Mereka sangat bergantung dari penghasilan sektor ini, dan dalam aktifitasnya memerlukan bahan baku pakan ternak ikan cukup banyak setiap harinya. Permasalahan muncul setelah bahan baku cukup mahal, karena pakan ternak ikan didatangkan dari daerah lain seperti Jakarta dan Bandung. Salah satu solusi yang diberikan adalah dengan memberikan pelatihan keterampilan cara membuat pakan ikan dengan menggunakan limbah makanan yang ada disekitar petani ikan seperti dedak (limbah padi), ampas tahu, dan sisa tulang ikan, dan lain-lain menggunakan Mesin Pengolah Pakan Ikan. Melalui pengolahan pakan ikan mandiri, petani dapat mengurangi biaya produksi budidaya ikan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Afrianto, Eddy dan Evi Liviawaty. 2005. Pakan Ikan. Kanisius. Bandung ISBN: 978-979-21-1076-0.

Cross, Nigel.1994. Engineering Design Methods: Strategies for Product Design; John Willey & Sons, New York.

G Takeshi Sato & N Sugiarto Hartanto. 1986; Menggambar Mesin menurut standar ISO; cetakan ketiga, Pradnya Paramita, Jakarta.

Handoko, T. Hani, 1999, Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi, BPFE, Yogyakarta

Nurmantio, Eko, 2004, Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Prima Printing, Surabaya.

Purnomo, Hari, 2004, Pengantar Teknik Industri, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Ulrich, K.T. & Eppinger S.D. 1995. Product Design and Development; New York, Mc.Graw-Hill.




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i2.636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Jurnal Abdimas Sang Buana by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats