SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENANAMAN KOPI TERSERTIFIKASI DI DESA RAWABOGO KECAMATAN CIWIDEY

Authors

  • Dekrita Komarasakti Universitas Sangga Buana
  • Erwan Komara Universitas Sangga Buana
  • Biller Panjaitan Universitas Sangga Buana
  • Surya Ansori Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v3i1.637

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat atau yang disingkat PKM, adalah salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi yang bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum program ini dirancang oleh berbagai universitas atau institut yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Universitas sangga Buana YPKP Bandung Jawa Barat untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa masyarakat, khususnya dalam mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan. Tujuan PKM kali ini adalah memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mengelola sumber daya alam di Desa Rawa Bogo di Kecamatan Ciwidey di Kabupaten Bandung dalam bentuk sosialisasi dan pendampingan menanam bibit kopi tersertifikasi. Metode yang akan digunakan dalam pencapaian tujuan yaitu dengan pendekatan sosial kewilayahan dan pendampingan membuat administrasi proposal bantuan bibit kopi tersertifikasi, pemetaan wilayah penanaman serta pembentukan kelompok tani melalui diskusi forum kelompok sesuai kebutuhan lapangan.

References

Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, Bagian Kesebelas, Pasal 47.

Wikipedia, “Rawabogo, Ciwidey, Bandung,” 22 Juni 2021. [Online]. Available: https://id.wikipedia.org/wiki/Rawabogo,_Ciwidey,_Bandung

Supriadi, Handi, “Persiapan dan Kesesuaian Lahan Tanaman Kopi,” 20 Maret 2017. [Online]. Available: http://balittri.litbang.pertanian.go.id/index.php/berita/info-teknologi/474-persiapan-dan-kesesuai-lahan-tanaman-kopi

Rahardjo, Pudji. 2012. Kopi: Panduan Budidaya dan Pengolahan Kopi Arabika dan Robusta. Jakarta: Swadaya.

Jaya, Rachman, dkk., “Sistem Produksi dan Pengolahan Kopi Berkelanjutan: State of The Art”, Jurnal Agroteknologi, Vol. 13 (2), 2019.

Gumulya, D., dan Helmi, I. S, “Kajian budaya minum kopi indonesia”, Dimensi, Vol. 13 (2), 2017.

Budihardjo, Kadarwati dan Fahmi, Wan Mutiara, “Strategi Peningkatan Produksi Kopi Robusta (Coffea L.)Di Desa Pentingsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh, Vol.7 (2), 2020.

Gultom, Lilis S., dkk., “Analisis Tingkat Efesiensi Usahatani Kopi Arabika (Coffea Arabica L.) Desa: Lae Hole, Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi Provinsi Sumatera Utara,” Jurnal Agrotekda. Vol. 3 (2), 2019.

Wibowo, A., “Potensi dan Tantangan Kopi di Era Milenial”, Warta Pusat Penelitian Kopi Dan Kakao Indonesia, Vol. 21 (2), 2019).

Putri, Afrianingsih dkk., “Tantangan Pengembangan Agribisnis Kopi di Sumatera Barat”, Jurnal Pembangunan Nagari, Vol. 6 (1), 2021

Downloads

Published

2022-05-31