PELATIHAN PLS-SEM MENGGUNAKAN SMARTPLS 3.0 DOSEN MATA KULIAH STATISTIKA FISIP UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i2.711

Abstract

ABSTRAK

 

Statistika memiliki peranan yang sangat penting pada sebuah penelitian. Dengan meningkatkan kompetensi di bidang Statistika, para peneliti akan mampu meminimumkan kesalahan yang dapat terjadi dan dapat meningkatkan kualitas output penelitian. Berdasarkan observasi, masih banyak dosen atau peneliti yang terpaku pada metode analisis tertentu dalam mengolah dan menguji hipotesis penelitian dari data yang dikumpulkan melalui sebuah kuesioner. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman dan kemampuan dalam menerapkan dan mengolah data menggunakan metode yang sesuai dengan karakteristik data yang dimiliki baik secara teori maupun secara praktik menggunakan software. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan mengenai metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.0 dalam mengolah data yang diperoleh dari kuesioner pada Dosen mata kuliah Statistika di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dalam pelatihan ini, peserta dibekali dengan pemaparan teori PLS-SEM meliputi tentang pemaparan atau review mapping metode analisis data, skala pengukuran variabel, teori dasar dari PLS-SEM serta praktikum menggunakan SmartPLS 3.0. Kegiatan ini mampu mengenalkan dan meningkatkan pemahaman serta kemampuan Dosen mata kuliah Statistika di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menerapkan metode PLS-SEM menggunakan SmartPLS 3.0. Dengan demikian, kegiatan ini juga mampu mendorong motivasi dosen dalam melaksanakan penelitian dan pengembangan transfer ilmu kepada mahasiswa.

 

ABSTRACT

Statistics has a very important role in a study. By increasing Statistics competence, researchers will be able to minimize errors and can improve the quality of research output. Based on observations, there are lecturers or researchers who tend to use certain methods on research hypotheses assessment on data which collected through questionaires. Caused by the lack of understanding and ability to choose a suitably method with the characteristics of the data both in theory and in practice using software. The aim of this activity is to provide training on the PLS-SEM method using SmartPLS 3.0 on data obtained from questionnaires for Lecturers of Statistics courses at the Faculty of Social and Political Sciences, UIN Sunan Gunung Djati Bandung. In this training, participants are provided with an explanation of PLS-SEM theory including review of mapping data analysis methods, variable measurement scales, basic theory of PLS-SEM with practical analysis using SmartPLS 3.0. Not only able to introduce and improve the understanding of Lecturers of Statistics courses at the Faculty of Social and Political Sciences UIN Sunan Gunung Djati Bandung on the application of the PLS-SEM method using SmartPLS 3.0, this activity also encourage lecturers' motivation in carrying out research and developing knowledge transfer to students.

Author Biography

Reny Rian Marliana, STMIK Sumedang

Teknik Informatika

References

Rudini, “Peranan Statistika dalam Penelitian Sosial Kuantitatif,” J. SAINTEKOM Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen, Vol. 6, no. 2, 2016.

T. Tayeb, R. Idris, and A. Sulherah, “Peranan Mata Kuliah Statistika dalam Memahami Mata Kuliah Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar,” MaPan Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Vol. 2, no. 1, pp. 105–122, 2014.

R. R. Marliana, Modul 4 Probabilitas dan Statistika. Sumedang: STMIK Sumedang, 2019.

I. P. Sampurna, “Peran Statistika dalam Meminimumkan Kesalahan pada Penelitian.” 2015. Available : https://simdos.unud.ac.id/uploads/file_penelitian_1_dir/706f3626fb75be822e821132747e0acb.pdf

R. R. Marliana and L. Nurhayati, “Covariance Based-SEM on Relationship between Digital Literacy, Use of E-Resources and Reading Culture of Students,” Indonesian Journal of Statistics and Its Applications, vol. 4, no. 1, pp. 55–67, 2020.

R. R. Marliana, “Partial Least Squares-Structural Equation Modeling pada Hubungan antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa dan Kualitas Google Classroom berdasarkan Metode Webqual 4.0,” Journal Matematika, Statistika dan Komputasi, vol. 16, no. 2, pp. 174–186, 2020.

R. R. Marliana and L. Nurhayati, “Relationship Modeling between Digital Literacy, The Use of e-Resources and Reading Culture of Students at STMIK Sumedang using PLS-SEM,” in ICONISTECH 2019, 2019.

K. Yuliawan, “Pelatihan Smartpls 3.0 untuk Pengujian Hipotesis penelitian Kuantitatif,” J. Pengabdian Kepada. Masyarakat, Membangun Negeri, vol. 5, no. 1, pp. 43–50, 2021.

S. Y. Budiarsi, “Pendampingan Pengenalan Program SEM-PLS Pada Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Surabaya,” Journal Abdimas PeKA, vol. 3, no. 2, pp. 126–134, 2020.

Downloads

Published

2021-11-20