PELATIHAN LITERASI DIGITAL DAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAKU USAHA KECIL DESA PANAKUKANG KABUPATEN GOWA SULAWESI SELATAN BEKERJA SAMA DENGAN SEKOLAH RA AL IZZAH

Hasyim Hasyim, Rina Anindita, Fitri Ayasofia

Abstract


Pemahaman terhadap penggunaan media sosial bagi para pengusaha kecil di daerah pedesaan (remote area) merupakan hal yang penting dilakukan dalam rangka mengembangkan usaha yang dikelola agar dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak. Permasalahannya adalah tingkat literasi digital dan pengetahuan terhadap penggunaan media sosial untuk pemanfaatan kegiatan usaha masih sangat kurang.Para pengusaha di daerah pedesaan belum memanfaatkan perangkat teknologi seperti software dan applikasi untukmengembangkan usahany. Pengelolaan usaha masih dilakukan secara manual sehingga penerimaan pendapatan dari usahanya masih sangat terbatas. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terhadap kelompok pengusaha skala kecil untuk memahami bagaimana memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan usahanya.Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah metode daring, bekerjasama dengan sekolah setempat yang dapat menyediakan fasilitas yang dapat diakses oleh para pengusaha. Pelatihan ini dilakukan dalam bentuk presentasi daring yang menjelaskan bagaimana membangun website, yang dapat mengakses berbagai media sosial seperti instagram, facebook, dan email. Pelatihan dilakukan secara bertahap untuk setiap materi. Hasil yang dicapai setelah dilakukan

3(tiga) tahap pelatihan selama bulan Juni dan Juli adalah para pengusaha skala kecil memiliki kemampuan pemahaman lirterasi digital dalam mengembangkan usaha serta pengusaha telah mampu mengenal berbagai aplikasi dan mampu meng upload secara mandiri produk-produk yang dihasilkannya. Implikasi dari pelatihan ini adalah ruang lingkup dan jumlah masyarakat yang mengetahui produk yang ditawarkan oleh pengusaha kecil meningkat sekitar 20-30% diikuti dengan meningkatnya tingkat penjualan (omzet) yang dapat dilakukan rata-rata 10%.

 

Kata Kunci : Literasi Digital, Usaha Kecil, Remote Area, Applikasi


Full Text:

PDF

References


F. D. Davis, “A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems: Theory and results,” Management, vol. Ph.D., p. 291, 1985, doi: oclc/56932490.

E. M. Rogers, Diffusion of innovations. Simon and Schuster, 2003.

Hasyim, “CONSUMERS’ TRUST AS THE MEDIATING FACTOR FOR INSURANCE BUYING INTENTION IN INDONESIA,” Statistics (Ber)., vol. 3, p. 894, 2017.

A. G. Chakti, The Book Of Digital Marketing. Celebes Media Perkasa, 2019.

K. Kotler, P., & Kevin,L., Marketing Management. Pearson Prentice Hall, 2009.

R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,” J. Ilm. Manajemen, vol. 10, no. 1, pp. 9–14., 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.32670/coopetition.

W. laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” J. Indones. Aspir., vol. 8, no. 1, pp. 93–103, 2020.




DOI: https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i2.754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2745-5912 | e-ISSN: 2745-9047

Creative Commons License
Jurnal Abdimas Sang Buana by LPPM USB licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats