PERANCANGAN PEMASARAN ONLINE BERBASIS E-COMMERCE PADA PRODUK UMKM PD NESIF STUDI KASUS DI DESA DAYEUH MANGGUNG KECAMATAN CILAWU KABUPATEN GARUT

Authors

  • Ade Geovania Azwar Universitas Sangga Buana
  • Nurwathi . Universitas Sangga Buana
  • Novi Mardiana Universitas Sangga Buana
  • Lina Nurhayati Universitas Sangga Buana
  • Djoko Pitoyo Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana
  • Inayati Nasrudin Universitas Sangga Buana
  • Sofiani Nalwin Nurbani Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/abdimasusb.v2i2.789

Abstract

Peran UMKM dalam pembangunan ekonomi nasional sangat besar dan penting. UMKM diharapkan mampu bersaing dengan produk lainnya. Salah satu peluang yang dapat dilakukan dengan memperkenalkan calon konsumen kepada produk-produk UMKM melalui teknologi yakni E-Commerce. Pemilihan E-Commerce dilakukan dengan beberapa pertimbangan seperti jumlah pengguna aktif dan manfaat yang sudah dirasakan oleh UMKM. PD Nesif adalah satu UMKM produksen makanan yang masih menggunakan pemasaran secara tradisional. Tujuan Pengabdian pada Masyarakat ini adalah PD Nesif dapat memasukkan unsur teknologi dalam menjangkau calon konsumen dan tentu saja meningkatkan profit bagi PD Nesif. Hasil PkM menunjukkan bahwa Terdapat beberapa kendala yang dialami oleh PD Nesif yang berkaitan dengan waktu dan komitmen dalam pengelolaan Akun E-commerce yang telah dimiliki.

Author Biography

Ade Geovania Azwar, Universitas Sangga Buana

Teknik Industri - Fakultas Teknik

References

Hermawan, Haris, “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Dalam Pembelian Roti Ceria Di Jember,” . 2015.[Online]

Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/BISMA/article/view/5904

Maulana, Shabur Miftah., Susilo, Heru., Riyadi. “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol 29 No 1 , 2015 [Online]

Available: https://media.neliti.com/media/publications/86512-ID-none.pdf.

Nurwathi, Ade Geovania Azwar, Novi Mardiana, Ahmad Munandar, Djoko Pitoyo, Inayati Nasrudin, Sofiani Nalwin Lina Nurhayati. Pendampingan Proses Produksi Makanan Ringan Di PD. Nesif Desa Dayeuh Manggung Kabupaten Garut. Jurnal Abdimas Sang Buana, Volume 02 No 01. 2021. [Online] Available:

http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/Abdimas_Sang_Buana/article/view/633 . Diakses: 27 Agustus 2021

Wally, Eman and Koshy, Swapna, “The use of Instagram as a marketing tool by Emirati female entrepreneurs: an exploratory study” 2014, Hal 1-19. [Online]

Available https://ro.uow.edu.au/dubaipapers/621

Databoks.katadata.co.id, 2021, [Online] Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa#:~:text=Di%20Indonesia%2C%20jumlah%20pengguna%20Instagram,sebesar%2091%2C77%20juta%20pengguna. Diakses tanggal 29 Agustus 2021, 21.00 WIB

Ginee.com, 2021, [Online] Available: https://ginee.com/id/insights/jumlah-pengguna-marketplace-android/ Diakses tanggal 29 Agustus 2021, 21.10 WIB

Katadata.co.id, 2021, [Online] Available: https://katadata.co.id/yuliawati/digital/608fc9fd30bac/survei-kic-mayoritas-umkm-berdagang-online-di-shopee-dan-tokopedia Diakses tanggal 29 Agustus 2021, 21.20 WIB

Sastika,Widya, “Analisis Kualitas Layanan Dengan Menggunakan E-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Belanja Online Shoppe (Studi Kasus : Pelanggan Shopee Di Kota Bandung 2017),” Ikraith-Humaniora, Vol 2, No 2, 2018. [Online]

Available:http://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-umaniora/article/download/127/56

Santoso, Erica Delia, Novia Larasati, “Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan, Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Volume 13, No 1, Hal 28-36, 2019. [Online] Available: https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/article/download/99/89

Downloads

Published

2021-11-20