Upaya Memenangkan Persaingan Untuk Perumusan Strategi Perusahaan Cekeran Midun Dengan Menggunakan Konsep Fred R. David

Jaenudin Jaenudin, Inayati Nasrudin

Sari


Strategi merupakan sebuah perencanaan yang terperinci dan tersusun dengan melibatkan berbagai proses. Strategi diperlukan oleh individu atau kelompok organisasi untuk mengantisipasi timbulnya ancaman-ancaman dari pesaing. Tujuan dari perencanaan strategi ini adalah agar dapat bersaing dan memenangkan persaingan. Perusahaan Cekeran Midun merupakan sebuah perusahaan kuliner dari Kota Bandung yang menyajikan makanan unik dan menarik yaitu ceker. Dalam perjalanannya, perusahaan tersebut mulai tumbuh dan berkembang dengan mendirikan cabang-cabang di wilayah sekitar Bandung Raya. Namun, banyaknya perusahaan yang mendirikan perusahaan kuliner membuat persaingan semakin ketat. Hal itu terlihat dari Open Data Kota Bandung di tahun 2017 sebanyak 396 perusahaan berdiri di Kota Bandung. Maka dari itu, Perusahaan Cekeran Midun harus segera merencanakan strategi jangka panjangnya untuk kemajuan perusahaan. Salah satu konsep dalam perumusan strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan konsep Fred R. David. Terdiri dari pertama tahap masukan yaitu menggunakan Matriks EFE dan IFE, kedua tahap pencocokan yaitu menggunakan Matriks IE, TOWS, dan SPACE, dan yang ketiga tahap keputusan yaitu menggunakan Matriks QSPM. Dari hasil penilitian yang telah dilakukan, Perusahaan Cekeran Midun saat ini membutuhkan alternatif strategi pengembangan pasar. Hal ini karena dilihat dari nilai total acttractive score (TAS) lebih tertinggi diantara alternatif lainnya yaitu 6,09. Pengembangan pasar dilakukan ke kota-kota besar lainnya di Indonesia yaitu kota kuliner dan wisata, seperti Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya, bahkan Bali.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32897/retims.2020.2.1.1050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.