ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK DENGAN METODE SIX SIGMA DAN METODE 5 STEP PLAN DI PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG

Djoko Pitoyo, Aditya Riantiko Akbar

Sari


PT. Pikiran Rakyat Bandung adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang media masa dengan hasil produksi berupa surat kabar. Dalam produksinya rata-rata perbulan terdapat produk cacat tidak layak edar sebesar 3.8 % dari total jumlah produksi, kecacatan yang tejadi melebihi batas toleransi yang telah di tetapkan oleh perusahaan yakni 1 %.Dengan menggunakan Failure Mode and Effect Analyze (FMEA) diketahui bahwa penyebab permasalahan kritis ketiga kecacatan yang terjadi berasal dari: Spare part mesin, bahan baku, dan metode kerja. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Kaizen Ways dengan 5 Step Plan nya, tingkat kecacatan produk dapat dikurangi dengan menerapkan pemantauan secara berkala terhadap setiap spare part di mesin produksi, melakukan pergantian spare part yang sudah tidak layak pakai, perawatan dan pembersihan mesin yang berkala dilakukan untuk menghidari kotoran-kotoran yang menempel pada setiap jalur kertas di unit, melakukan inspeksi terhadap bahan baku di mulai dari proses angkut, muat dan bongkar, melakukan upgrade ilmu tentang ilmu grafika terhadap karyawan lama dan baru diharapkan dengan ilmu yang bertambah dapat meningkatkan produktifitas kerja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Breyfogel, Forest W. Implementing Six Sigma Smarter Solutions Using Stastical Methods. New York: John Wiley & Sons Inc. 1999.

. Breyfogel, "Jurnal Teknologi." Aplikasi Six SIgma DMAIC dan KAIZEN sebagai Metode Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk, 2011: vol 4. No1

. Garvin, Management Produktivitas Total Strategi Peningkatan Produktivitas Bisnis Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1998

. Gaspersz, Vincent. Lean Six Sigma for Manufacturing and Service Industries. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2007.

. Gasperz, Vincent. Continous Cost Reduction Trough Lean-Sigma Approach - Strategi Deamatik Reduksi Biaya dan Pemborosan Menggunakan Pendekatan Lean Sigma. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2005.

. Hendradi, C Tri, Statistik Six Sigma Dengan Minitab: Panduan Cerdas Inisiatif Kualitas, Jakarta, INA: Andi Offset, 2006.

. Hendy Tanady.. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta. 2015.

. Hirano, Hiroyuki. Penerapan 5S di Tempat Kerja. Jakarta: PQM. 2005.

. Imai, Masaaki (2001), “Kaizen : Kunci Sukses Jepang Dalam Persaingan” Penerbit PPM, Jakarta Hirano, 2005

. Ishikawa, K & Heymans, B. Introducing to Quality Control. Tokyo: Juse Press Ltd. 1998.

. Joko, Susetyo. "Jurnal Teknologi." Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen Sebagai Metode Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk pada PT. Mondrian, 2011: Vol. 6, No. 1, Hal 53 - 61.

. Latief dan Utami, Penerapan Pendekatan Metode Six Sigma Dalam Penjagaan Kualitas Pada Proyek Konstruksi Jurnal Makara Teknologi 13(2):62-72, 2009

. Miranda. Amin W.T.. Six Sigma: Gambaran Umum, Penerapan Proses dan Metode-Metode yang Digunakan untuk Perbaikan. Harvarindo, Jakarta. 2002.

. Mitra, Amitava “Fundamental of Quality Control and Improvement” Macmillan Publishing Comp., New York . 1993.

. Monden, Yasuhiro. Sistem Produksi Toyota: Suatu Ancangan Terpadu. (1995).

. Montgomery, Douglas, “Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik” Terjemahan Prof. DR. Zanzawi Soerjati, Msc, Second Edition, Penerbit Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. 1990.

. Nur'arif, Jaka Adi, Proyek Akhir: Usulan Pengendalian Kualitas Produk Ballast TB210 Pada Proses Winding Dengan Metode Six Sigma di PT.Nikkatsu Elektronik Works, Bandung, MBA - ITB, Bandung.

. Pande, Peyer S, Neuman Robert P, and Roland R.Cavanagh. The Six Sigma Way : Bagaimana GE, Motorola dan perusahaan lainnya Mengasah Kinerja Mereka. McGraw-Hill, 2002.

. Pyzdek, Thomas. The Six Sigma Hand Book. Jakarta: PT.Salemba Emban Patria, 2011.

. Sari Dkk, Nilai Pemikiran Suzuki Shosan dan Ishida Baigan dalam GembaKaizen sebagai Pendekatan Akal Sehat, berbiaya Rendah pada Manajemen Jepang. Jurnal Nihon Gakushuu, 1. 2011

. Sartin. Analisa faktor-faktor Penyebab Defect Pada Produks Bussing dengan Metode Six Sigma di PT.Madju Warna Steel." Analisa faktor-faktor Penyebab Defect Pada Produks Bussing dengan Metode Six Sigma di PT.Madju Warna Steel", 2008.

. Singgih, Moses L dan Renada. The Six Sigma Handbook: Panduan Lengkap Untuk Greenbelts, Blackbelts dan Manajer Pada Semua Tingkat. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

. Susetyo J, Winarni dan Hartanto. Aplikasi Six Sigma dan Kaizen Sebagai Metode Pengendalian dan Perbaikan Kualitas Produk. Jurnal Teknologi, 2011: 61-53.

. Vanany, Emiliasari. Peningkatan Kualitas Produk Kertas dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma di Pabrik Kertas Y. Peningkatan Kualitas Produk Kertas dengan Menggunakan Pendekatan Six Sigma di Pabrik Kertas Y, 2007.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.