PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN KPBS PANGALENGAN DENGAN PENDEKATAN SUPPLY CHAIN OPERATION REFERENCE (SCOR) UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Inayati Nasrudin, Risma Rivana

Sari


Saat ini perusahaan banyak bekerja keras dalam meningkatkan daya saing melalui penyesuaian produk, peningkatan kualitas, penekanan biaya, dan kecepatan respon terhadap pasar. Saat ini konsumen juga memberikan tuntutan tambahan pada rantai pasokan. Manajemen rantai pasok sangat penting dalam keunggulan persaingan perusahaan, oleh karena itu pengukuran kinerja rantai pasok menjadi sangat fundamental untuk perbaikan berkelanjutan pada perusahaan. KPBS Pangalengan  merupakan koperasi yang mewadahi para peternak sapi perah yang memiliki produk andalan susu pasteurisasi. KPBS Pangalengan terus berupaya untuk mengoptimalkan produksi susu pasteurisasi mulai dari penerimaan bahan baku hingga produk diterima oleh konsumen. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pengukuran kinerja supply chain di KPBS Pangalengan. Penelitian ini membahas pengukuran kinerja supply chain dengan pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) di KPBS Pangalengan untuk menentukan indikator kinerja yang akan dinilai dan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan bobot setiap indikator kinerja. Pada level satu terdapat lima proses inti SCOR yaitu Plan, Source, Make, Deliver, dan Return. Pada level dua terdapat tiga dimensi pada setiap proses yaitu Realibility, Responsiveness, dan Flexibility. Hasil dari penelitian ini adalah pada level tiga hirarki terdapat 50 indikator kinerja yang dinilai. Proses inti yang menghasilkan nilai kinerja tertinggi terdapat pada proses Plan. Disisi lain nilai yang terendah adalah proses Return. Total nilai kinerja supply chain di KPBS Pangalengan sebesar 78,00 yang menunjukkan bahwa kinerja yang dicapai berada pada kategori Good. Selain itu terdapat beberapa saran perbaikan untuk pihak KPBS Pangalengan dan untuk penelitian selanjutnya.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Ariani., Ulya, Millatul., Jakfar, Abdul Aziz., “Penentuan dan Pembobotan Key Performance Indicator (KPI) Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Rantai Pasok Produksi Keju Mozarella di CV. Brawijaya Dairy Industry”, AGROINTEK, Prodi Teknologi Industri Pertanian: Universitas Trunojoyo Madura, Volume 11, 2017, p30-33.Saaty, Thomas L., “Fundamental of Decision Making”, RWS Publications, Pittsburgh,1994.

. Chibba, Aron., “Measuring Supply Chain Performance: A Framework for Prioritizing Measures”, School of Business and Engineering: University of Halmstad, Vol. 6 No.2, 2015, p782-793 (ISSN: 2291-2118)

. Gunasekaran, A., Patel, C, and McGaughey, Ronald E., “A Framework for Supply Chain Performance Measurement”, International Journal of Production Economic, Vol. 87, 2004, p333-347

. Indrajit, Richardus Eko., Djokopranoto, Richardus., “Supply Chain Management : Modul Pembelajaran Berbasis Standar Kompetensi dan Kualifikasi Kerja”, Preinexus, Yogyakarta, 2016.

. Irvan, Muhammad., “Implementasi Sistem Penilaian Kinerja Supply Chain Pada Perusahaan Stamping”, Skripsi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Indonesia, 2011.

. Panggabean, R., “Kompetensi KUD dan Koperasi dalam Agribisnis Susu dan Tantangannya (Kasus di Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan Kabupaten Malang, Jawa Timur)”, disertasi Program Pasca Sarjana, Institut Pertanian Bogor, 2001.

. Paul, John., “Panduan Penerapan Transformasi Rantai Suplai Dengan Model SCOR® : 15 Tahun Aplikasi Praktis Lintas Industri”, PPM Manajemen, Jakarta, 2014.

. Rahman, Zakiya Muallifa., “Pengukuran Kinerja Supply Chain Pada PT. Mataram Tunggal Garment”, Skripsi, Program Studi Teknik Industri, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2016.

. Sumiati., “Pengukuran Performansi Supply Chain Perusahaan Dengan Pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR) di PT. Madura Guano Industri (Kamal-Madura)”, Fakultas Teknologi Industri: UPN Veteran Jawa Timur, 2006.

. Supply Chain Council, Supply Chain Operations Reference-Model Overview of SCOR, http://supply-chain.org. (diakses 6 Mei 2017 Pukul 15:20)

. Syarief, Abdullah., “Buku Biografi : Pengalaman, Pemikiran, dan Perjuangan Drh. H. Daman Danuwidjaya Membangun Usaha Koperasi Persusuan Mandiri”, KPBS Pangalengan, Bandung, 1997.

. Wigaringtyas, Latifa Dinar., “Pengukuran Kinerja Supply Chain Management dengan Pendekatan Supply Chain Operation Reference (SCOR)”, Fakultas Teknik: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

. http://blog.ccg.co.id/2016/05/metode-metode-pengukuran-kinerja.html (diakses 6 Mei 2017 Pukul 13:59)

. http://mawardisyana.blogspot.co.id/2013/04/pengantar-penggunaan-ahp-analytical.html (diakses 6 Mei 2017 Pukul 15:09)




DOI: https://doi.org/10.32897/retims.2019.1.1.179

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.