ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PART A DI PT. XYZ DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PENGENDALI MUTU SEVEN TOOLS SEBAGAI CARA UNTUK MENUJU ZERO DEFECT

Nurwathi Nurwathi, Dedeh Assiyah Nur

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan faktor penyebab produk yang cacat dan untuk mendapatkan solusi dalam meningkatkan kualitas part A dengan menggunakan tujuh alat pengendali mutu (seven tools). Seven tools meliputi: flowchart, lembar periksa, histogram, diagram kontrol, diagram Pareto, diagram sebar, dan diagram sebab akibat. Data yang diambil yaitu data historis produksi 3 tahun terakhir PT. XYZ. Berdasarkan hasil analisis dari 6 alat pengendali mutu faktor yang menyebabkan cacat/ reject yang paling dominan adalah faktor dari manusia, dan faktor penyebab yang paling tinggi adalah faktor manusia yaitu sebanyak 33,33%. Jenis cacat/ reject yang paling banyak adalah jenis Short-shot yaitu sebanyak 0,67%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang menyebabkan cacat/ reject paling dominan adalah faktor manusia yaitu sebanyak 33,33%. Cara untuk meningkatkannya yaitu dengan cara memberikan sosialisasi/ pelatihan secara berkala mengenai proses produksi dan melakukan pengawasan secara terus menerus terhadap karyawan dengan menggunakan progress report serta membuat Divisi Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) untuk meningkatkan pemahaman kepada karyawan baru maupun karyawan lama agar kinerja karyawan selalu terbaharui. Saran dari peneliti yaitu perusahaan disarankan untuk melaksanakan apa yang sudah peneliti lakukan agar tercapai peningkatan kualitas part A di PT. XYZ untuk menuju Zero Defect (Cacat nol).


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


. Adiansyah, Eva. 2018. “Analisis Kualitas Produk Di PT. Nikkatsu Electric Works Dengan Menggunakan Alat Pengendali Mutu Diagram Tulang Ikan (Fishbone) dan Peta Kontrol (Control Chart)”. Bandung: Universitas Sangga Buana YPKP.

. Douglas C. Montgomery. 1990. “Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik”. Edisi Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

. Fakhri, Al Faiz. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Heizer dan Render dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Ivanto, Muhammad. 2013. “Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya”. Jurnal Teknik Industri. Universitas Tanjungpura.

. Kaban, Rendy. 2014. “Pengendalian Kualitas Kemasan Plastik Pouch Menggunakan Statistical Procces Control (SPC) Di PT. Incasi Raya Padang”. Jurnal Optimasi Sistem Industri, Universitas Andalas Padang.

. Kusnadi, E dalam Muhammad Ivanto. 2013. “Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya”. Jurnal Teknik Industri. Universitas Tanjungpura.

. M. N. Nasution dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Pinto, Jose Antonio Soares. 2011. “Penerapan Seven Tools Dalam Pengendalian Kualitas Pada Proses Produksi Koran STL Di Perusahaan ‘STL Media Group’ Timor Leste”. Bandung: Universitas Sangga Buana YPKP.

. Purnomo, H dalam Muhammad Ivanto. 2013. “Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya”. Jurnal Teknik Industri. Universitas Tanjungpura.

. Richard B. Chase, dkk dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Roger G. Schroeder dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Sofjan Assauri dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Suyadi Prawirosentono dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Syukron, Amin dan Muhammad Kolil. 2014. “Pengantar Teknik Industri”. Yogyakarta: Graha Ilmu

. Vincent Gasperz dalam Faiz Al Fakhri. 2010. “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk Menggunakan Alat Bantu Statistik”. Jurnal Ekonomi. Universitas Diponegoro.

. Yamit, Z dalam Muhammad Ivanto. 2013. “Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya”. Jurnal Teknik Industri. Universitas Tanjungpura.

. Yamit, Z. 2003. “Manajemen Produksi dan Operasi”. Edisi Kedua. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.