Penilaian Kinerja Supplier Ikan Lele Menggunakan Metode Analytical Hierarcy Process (AHP) Studi Kasus CV. Tatetuten

Penulis

  • Yeni Mulyani Universitas Sangga Buana
  • Ahmad Munandar Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/retims.2024.5.2.3198

Kata Kunci:

Analytical Hierarchy Process (AHP), Supplier, Kriteria

Abstrak

CV. Tatetuten merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di industry food and beverage (F&B). Salah satu penentu agar roda produksi dapat terus berjalan didapatkan dari kualitas bahan yang baik, harga yang kompetitif dan kemudahan dalam mendapatkan bahan baku. Seringkali kelima supplier tidak dapat memenuhi jumlah kebutuhan ikan lele bagi perusahaan. Permasalahan yang terjadi adalah perusahaan belum menentukan supplier utama yang dapat diandalkan serta pilihan supplier lainnya sebagai alternatif. Proses pemilihan supplier dan pengambilan keputusan yang terkait merupakan permasalahan yang kompleks dan berisiko bagi perusahaan ini, karena masing-masing supplier memiliki kelebihan dan kekurangan, kerugian dapat terjadi jika salah dalam mengambil keputusan penilaian kinerja supplier. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan lima kriteria utama yang ditentukan perusahaan, yaitu kualitas, ketepatan pengiriman, harga, jumlah dan layanan. Dari hasil penilaian tingkat kepentingan alternatif dalam penilaian kinerja supplier ini menghasilkan skala prioritas atau bobot sebagai berikut yaitu prioritas I supplier D, prioritas II supplier E, prioritas III supplier B, prioritas IV supplier C, prioritas V supplier A. Berdasarkan hasil analisis yang didapatkan, maka penentuan supplier utama dan alternatifnya, yaitu supplier D sebagai supplier utama.

Referensi

Aisyah N, Putra AS. 2022. “Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Pemilihan Manajer Terbaik Menggunakan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process).” Infokom 7–13.

Angkat, Ervina Yulia, and Zuhrinal M. Nawawi. 2022. “Food and Beverage Business Development Strategy at Time Depot to AET Surabaya Starategi Pengembangan Bisnis Usaha Makanan Dan Minuman Pada Depot Time to AET Surabaya.” 1(2):327–32.

Anwar H. 2014. “Proses Pengambilan Keputusan Untuk Mengembangkan Mutu Madrasah.” Pendidik Islam 37–56.

Asiyah N, Chomsatu Y. 2022. “Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI.” J Ekon Keuang Dan Manaj 18.

Coraima. 2020. “Penentuan Kriteria Dalam Pemilihan Supplier Minyak Goreng Dengan Menggunakan Pendekatan Metode AHP Studi Kasus Abon Sapi Sari Andini.”

DN., Izzhati. 2011. “Penerapan Analytical Hierarchy Process (Ahp) Guna Pemilihan Desain Produk Kursi Santai.” Semantik.

Jariyah AA. 2022. “Analisis Strategi Prioritas Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Ahp (Analytical Hierarchy Process) Studi Kasus Pt. Dari Timur.” 1–2.

Saleh L, Monoarfa R, Panigoro N. 2022. “Analisis Biaya Produksi Dengan Pendekatan Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Pada Yango Bakery.” Jambura 397–415.

Sarinah, Djatna T. 2015. “A Risk Handling Strategy for Supply Shortage in Seaweed Agro-Industry: A Case in South Celebes.” Agritech. 223–33.

Sayurahini Melisa O, Halimah Bachtiar I, Toalib R. 2022. “Pengaruh Karakteristik Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia.” Journal of Innovation Research and Knowledge. 2.

Setiawan MA, Hartini S. 2022. “Pemilihan Supplier Bahan Baku Daging Untuk Proses Produksi Catering Dengan Metode AHP Dan PROMETHEE.” Optimasi Tek Ind. 59.

SW, Latifah. 2017. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rantai Pasokan Umkm Berbasis Apel Di Malang.” SENASPRO 246:1041–49.

Syah SPB, Saputra I. 2021. “Pemilihan Supplier Udang Menggunakan Metode AHP Pada UMKM Restu Ibu.”

Wicaksono M, Fathimahhayati LD, Sukmono Y. 2020. “Pengambilan Keputusan Dalam Pemilihan Supplier Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Technique For Others Reference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).” J Tekno 1–27.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Terbitan

Bagian

Artikel