Analisis Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Volume Jumlah Mahasiswa di masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Tim Promosi Online Fisip Universitas Sangga Buana)

Authors

  • Yuyun Yuniarsih Sangga Buana University
  • Muhammad Dadi Priadi Sangga Buana Universiy
  • Ridwan Tho At Firdaus Sangga Buana University
  • Silsi Sabila. Sangga Buana University

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i1.1186

Abstract

Di bidang layanan pendidikan, globalisasi telah membantu pembentukan persaingan sengit. Banyaknya jumlah institusi menciptakan persaingan untuk calon siswa; universitas bersaing satu sama lain untuk menarik siswa, sementara siswa menjadi lebih kritis dalam keputusan pemilihan perguruan tinggi mereka. Lembaga akhirnya menyusun strategi pemasaran untuk menarik mahasiswa; namun demikian, rekrutmen mahasiswa bukan semata-mata tugas Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru atau Biro Promosi; seluruh warga kampus bertanggung jawab untuk memajukan kampus. Selama dua tahun terakhir, FISIP Universitas Sangga Buana memiliki tim Promosi Online. Metode kualitatif diterapkan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah Tim Promosi Fisip Online Universitas Sangga Buana dapat membuat strategi pemasaran online untuk mendongkrak jumlah mahasiswa baru yang akan mendaftar di masa pandemi Covid-19. Dampak dari strategi bersaing, strategi pemasaran, kualifikasi SDM, atau bergesernya aspirasi calon mahasiswa terhadap kesenjangan antara jumlah pelamar atau calon pelamar dengan jumlah yang diharapkan diterima di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan dampak dari strategi bersaing, pemasaran strategi, kualifikasi SDM, atau pergeseran aspirasi calon mahasiswa. Di akun Instagram kampus, temuan riset tentang taktik pemasaran online untuk meningkatkan jumlah mahasiswa selama pandemi berjalan dengan baik. Kendalanya adalah tidak semua akademisi ingin mempromosikan konten promosi online, yang membuat pemasaran internet menjadi kurang efektif. Dari penelitian ini diharapkan seluruh dosen dan mahasiswa Universitas Sangga Buana dapat menyumbangkan ide dan sarannya kepada tim promosi guna meningkatkan strategi pemasaran online dan mempromosikan universitas di berbagai platform media sosial menggunakan konten yang dibuat oleh tim promosi online.

References

Barreto,O,”Tinjauan Pustaka dan dasar Teori”, 2018 [Online]

Available :

https://eprints.akakom.ac.id/8038/3/3_135610131_BAB%20II.pdf [Accessed 6 September 2021]

Dedi, dan Solatun, Oxford: Oxford University Press Mulyana, 2007

Endraswara, Suwardi . Metodologi Penelitian Kebudayaan, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2012

Horby, A S., Oxford Advanced Learner’s Dictionary, Fourth Edition, 1989

Philip Kotler,dan Gary amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008

Ramanta,Z, “Bab II Tinjauan Pustaka” .Palembang:Polsri.ac.id, 2017 [Online] Available :

http://eprints.polsri.ac.id/5018/3/BAB%20II.pdf [Accessed 6 September 2021]

Rangkuti,Freddy. Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia pustaka utama.1997

Safira, Putry Nadia, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Baru dalam Usaha Kuliner”, 2018 [Online]

Available :

https://www.kompasiana.com/putrynadiasafira3957/5b4df89f6ddcae2eb669c112/media-sosial-sebagai-media-promosi-baru-dalam-usaha-kuliner#:~:text=Media%20sosial%20merupakan%20bagian%20dari,respon%20secara%20langsung%20dengan%20penggunanya [Accessed 6 September 2021]

Sutrasmawati,SE. “Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembeli” , Journa.unnes.ac.id. [Online]

Available :

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/8350/7734

[Accessed 6 September 2021]

Yin, Robert K, Case Study Research. Thousand Oaks, London, New Delhi: SAGE Publications, 1994.

Downloads

Published

2022-02-28