Komputerisasi Akuntansi Pengendalian Persediaan pada J-Mart Karawang berbasis Vb.Net

Indaryono Indaryono, Arif Maulana Yusuf, Intan Ayu Nurhasanah

Abstract


Sistem informasi akuntansi apabila disajikan dengan bertolak pada sistem yang handal tentu akan menghasilkan informasi yang objektif pula. Salah satu cara dalam mencapai sistem akuntansi yang handal adalah dengan cara pemanfaatan teknologi informasi yang sedang berkembang dewasa ini. Pengelolaan persediaan stok barang yang terkomputerisasi sangat bermanfaat bagi perusahaan perdagangan karena terdapat penjualan yang rutin terjadi atau berulang ulang. Demikian pula dalam menyajikan laporan stok barang dimana laporan stok barang adalah catatan informasi data stok suatu perusahaan pada suatu periode yang dapat digunakan untuk mengetahui jumlah stok barang perusahaan. Sedangkan laporan stok barang digunakan untuk menilai kelangsungan usaha dan mengetahui laba perusahaan. J-Mart yang merupakan minimarket yang dalam pembuatan laporan stok, keuangan, masih mengandalkan pada Ms. Excel yang masih butuh pengolahan terlebih dahulu karena harus menggabungkan data dari buku – buku sehingga untuk pimpinan tidak dapat menerima laporan dengan cepat dan akurat. Hasil dari penelitian ini menghasilkan sebuah sistem persediaan barang berbasis komputer VB.Net dengan SQL Server sebagai databasenya. Hasil keluaran yang diperoleh dari sistem ini adalah laporan persediaan barang. Dengan dibuatnya sistem persediaan barang ini diharapkan dapat mempermudah untuk melakukan proses pencatatan persediaan, terhindar dari kesalahan input dan dapat mengefektifkan waktu penginputan dan penghitungan stok barang yang ada di gudang.

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. A. et al. (2021) ‘ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK SHAMPOO UNILEVER SERTA MEMBANDINGKAN STRATEGI BERSAING PERUSAHAAN RETAIL DI KABUPATEN KARAWANG’, Barometer. doi: 10.35261/barometer.v6i1.4565.

Ibeng (2018) Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD), Www.Pendidikanku.Org.

Paulus, A. L. (2019) ‘Human Capital dan Keunggulan Bersaing Ritel Minimarket: Strategi Sebagai Pemedias’, Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen. doi: 10.33369/insight.12.1.1-11.

Priatna, A. and Yusuf, A. M. (2020) ‘Pengembangan Integrated System Architecture Dengan Menggunakan Framework Togaf Adm (Studi kasus : PT XWZ)’, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. doi: 10.35969/interkom.v15i2.69.

Ridwan, M., Fitri, I. and Benrahman, B. (2021) ‘Rancang Bangun Marketplace Berbasis Website menggunakan Metodologi Systems Development Life Cycle (SDLC) dengan Model Waterfall’, Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi). doi: 10.35870/jtik.v5i2.209.

Sadiah, J., Indaryono, I. and Yusuf, A. M. (2021) ‘Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Berbasis Vb.Net Pada PT BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) SANGGABUANA AGUNG KARAWANG’, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. doi: 10.35969/interkom.v15i4.80.

Shalahuddin, R. A. S. dan M. (2017) ‘Siklus Hidup Pengembangan Sistem (SDLC)’, Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data.

Sopian, D. and Suwartika, W. (2019) ‘Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan’, JSMA (Jurnal Sains Manajemen dan Akuntansi). doi: 10.37151/jsma.v11i2.5.

Tiara, T., Winarni, F. A. and Kantun, S. (2021) ‘Analisis Sistem Informasi Akuntansi Pengeluaran Kas pada CV Macarindo Berkah Group Jember’, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. doi: 10.23887/ekuitas.v9i1.31111.

Yusuf, A. M., Hasmizal, H. and Dini, N. (2021) ‘Sistem Informasi Perhitungan Penyusutan Aktiva Tetap Menggunakan Metode Garis Lurus Berbasis Vb.Net Pada CV Ginanjar Sejahtera Mandiri Karawang’, Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. doi: 10.35969/interkom.v16i1.95.




DOI: https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i2.1560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi)

Published by:

Program Studi S1 Administrasi Bisnis  
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2807-6478
e-ISSN: 2807-6524 

 

Creative Commons License
DImmensi by Program Studi S1 Administrasi Bisnis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.