Segmentasi Pasar Wisatawan di Provinsi Banten

Arya Nugraha Soepardi, M. Henfi Abdul Khoir

Abstract


Perkembangan pariwisata di setiap wilayah dinilai sangat penting karena memberikan berbagai dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. Provinsi Banten merupakan salah satu wilayah yang  memiliki potensi pariwisata yang besar yang meliputi 279 wisata alam, 49 daya wisata budaya, 61 wisata buatan, 48 wisata minat khusus dan 110 wisata religi. Selain itu, terdapat 10 museum, 116 situs purbakala dan 61 bangunan bersejarah.  disertai beberapa unit bisnis penunjang sektor pariwisata yang meliputi: rumah makan, akomodasi, dan biro perjalanan wisata. Tujuan Penelitian ini mengetahui karakteristik, minat, serta motivasi wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di Provinsi Banten serta harapan wisatawan terhadap destinasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode primer yang meliputi observasi, survei dengan wawancara dan kuesioner, Selain itu metode sekunder juga digunakan dengan menggunakan berbagai jenis dokumen kebijakan dan peraturan, dokumen perencanaan, data statistik, dan lainnya, Hasil Penelitian ini menggambarkan segmentasi, motivasi, serta harapan wisatawan terhadap berbagai destinasi Pariwisata di Provinsi Banten.

Full Text:

PDF

References


Harry Karyono. 1997. Kepariwisataan, Jakarta: Grasindo

Biro Pusat Statistik Provinsi Banten

Crompton, J. L. 1979. Motivations for Pleasure Vacations. Annals of Tourism Research.

Dinas Pariwisata Kawasan Pusat Pemerintahan Pusat Provinsi Banten 2021.

Dyah, Ivana Sari, 2010. Obyek wisata Sunan Muria (Studi Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus) Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Jaelani, A. (2017). Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. SSRN Electronic Journal.

https://doi.org/10.2139/ssrn.2899864.

Jang S. dan Wu, C.E. 2006. Seniors Travel motivation and the influential factors: An examination of Taiwanese seniors. Tourism Management.

Fatimah Siti, 2015. “Strategi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata Religi (Studi Kasus di Makam Mbah Mudzakir Sayung Demak)”. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Hidayah, Nurdin. 2021. Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan Digital. Jakarta Selatan: Kreasi Cendika Pustaka.

Moutinho, L. 2000. Strategic Management in Tourism, New York, NY: CABI Publishing.

Suryadana, Liga, dan Vany Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung: Alfabeta

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Gava Media




DOI: https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i2.1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi)

Published by:

Program Studi S1 Administrasi Bisnis  
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2807-6478
e-ISSN: 2807-6524 

 

Creative Commons License
DImmensi by Program Studi S1 Administrasi Bisnis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.