Pengaruh Harga dan Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone di Indramayu

Nurhaeni Sikki, Vimala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertutujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga dan merek terhadap keputusan pembelian smarphone di Indramayu serta menganalisis bagaimana harga dan merek dapat mempengaruhi kepusan pembelian smartphone di Indramayu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sample yakni menggunakan probability sampling yaitu simple random sampling dengan sample berjumlah 385 orang. Teknik analisis data yakni analisis deskriptif dan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yakni dengan menggunakan uji simultan mendapatkan hasil harga dan merek berpengaruh signifikan terhadap keputasan pembelian smartphone di Indramayu. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan Fhitung (127,022) > Ftabel (3.02) dengan tingkat sig 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial (uji-t) didapat hasil variable harga dan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone di Indramayu. Berdasarkan koefisien determinasi didapat bahwa korelasi harga dan merek sebesar 39,9% terhadap keputusan pembelian dan 60,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Buku:

George, Darren & Mallery, Paul. 2016. IBM SPSS Statistics Step by Step. New York: Taylor & Francis Group.

Darma, Budi. 2021. Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Bogor: Guepedia.

Mertha Jaya, I.M.L. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D (cetakkan pertama). Bandung: ALFABETA.

Suyono. 2018. Analisis Regresi Linear Untuk Penelitian. Sleman: Penerbit Deepublish.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan (edisi pertama, cetakkan ke-4). Jakarta: KENCANA.

Situs Internet:

Bankmycell. 2021. Statistik Pengguna Seluler Oktober 2021: Temukan Jumlah Ponsel di Dunia & Penetrasi Ponsel Cerdas menurut Negara atau Wilayah, diakses 20 Oktober 2021, dari: https://www.bankmycell.com/blog/how-many-phones-are-in-the-world.

Khoirunnisa. 2020. Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q4-2020, diakses 20 Oktober 2021, dari https://selular.id/2021/02/top-5-vendor-smartphone-di-indonesia-q4-2020.

Jurnal:

Azrin, Amrillah. 2018. “Pengaruh Harga Dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek ViVo Di Store Palembang Square” dalam JURNAL KOMPETITIF, Vol. 7 No. 1 Januari-Juni 2018.

Safitri, W., Bintarti, S., & Kafabih, R.A. 2019. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Advan Di Cikarang, Bekasi Tahun 2019” dalam Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi-JBME, Vol. 17 No. 2 April 2018.

Skripsi:

Adaming, Satriani. 2019. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ponsel Iphone (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.

Sari, Y. N. 2016. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Apple (Iphone) Pada Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Universitas Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Serawati, F. M. 2019. Pengaruh Harga Dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo (Studi Kasus Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Bengkulu). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bengkulu.

Primavera, E. A. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Country Of Origin Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Cina Di Kota Jember. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember.

Wijaya, Reski. 2017. Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Samsung Di Kota Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar.




DOI: https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i2.1581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi)

Published by:

Program Studi S1 Administrasi Bisnis  
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2807-6478
e-ISSN: 2807-6524 

 

Creative Commons License
DImmensi by Program Studi S1 Administrasi Bisnis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.