Analisis Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Oranger Mobile pada PT Pos Indonesia (Persero)

Mei Switta Patricia, Hersusetiyati Hersusetiyati

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana upaya PT Pos Indonesia (Persero) dalam memperoleh karyawan Oranger Mobile yang berkualitas yang dapat mendukung serta melancarkan kegiatan operasional perusahaan dalam mencapai target yang ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan rekrutmen dan seleksi karyawan Oranger Mobile pada PT Pos Indonesia (Persero). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode wawancara yang dilakukan terhadap pimpinan beserta staff yang terkait. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan rekrutmen oranger dilakukan atas dasar permintaan tenaga kerja yang didasari oleh kebutuhan bisnis. Rekrutmen bermula dari adanya data formulir pelamar yang masuk kedalam website Sim Kemitraan yang diisi oleh pelamar melalui website rekrutmen karyawan/ website kemitraan yang disediakan perusahan. Sedangkan proses seleksi dilakukan setelah melihat kelengkapan data dan persyaratan dari setiap lamaran yang masuk dan sudah memenuhi kualifikasi rekrutmen yang ditetapkan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, baik proses rekrutmen maupun seleksi yang diterapkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) terhadap karyawan Oranger Mobile berjalan dengan efektif dan efisien, sesuai dengan Standard Operational Prosedure (SOP) yang ditetapkan oleh perusahaan dan juga dinilai sesuai dengan teori proses rekrutmen dan seleksi.


Full Text:

PDF

References


Sumual TEM. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi Revisi). edisi revi. Lia, editor. SUrabaya: CV. R.A.De.Rozarie; 2017. 32–47 p.

Marwansyah. Manajemen Sumber Daya Manusia. edisi 2. Alfabeta; 2016. 106–144 p.

Solahudin M. The Essential of Human Resources Management. Puspitasari A, editor. Bintang SembilanVisitama; 2021. 77 p.




DOI: https://doi.org/10.32897/dimmensi.v2i2.1668

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Digital Bisnis, Modal Manusia, Marketing, Entrepreneurship, Finance, & Strategi Bisnis (DImmensi)

Published by:

Program Studi S1 Administrasi Bisnis  
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2807-6478
e-ISSN: 2807-6524 

 

Creative Commons License
DImmensi by Program Studi S1 Administrasi Bisnis licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.