Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja (Studi Kasus Pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung Tahun 2019)

Authors

  • Hersusetiyati Hersusetiyati Universitas Sangga Buana
  • Agus Sopyan Universitas Sangga Buana

DOI:

https://doi.org/10.32897/dimmensi.v1i1.776

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengembangan karier mempengaruhi produktivitas yang terjadi pada tenaga kerja, serta besarnya pengaruh pengembangan karier terhadap produktivitas di Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis Asosiatif-kausal. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportionate stratified random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 110 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa pengembangan karier berpengaruh positif terhadap produktivitas tenaga kerja pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung. Pengujian hipotesis membuktikan pengembangan karier berpengaruh terhadap produktivitas tenaga kerja pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung. Pengembangan karier pada Departemen Produksi PT. Perusahaan Logam Bima Bandung sudah masuk kedalam kategori cukup baik, namun ada beberapa item yang perlu diperbaiki seperti perbaikan progam perencanaan sumber daya manusia, perbaikan program pendidikan dan pelatihan untuk tenaga kerja serta perbaikan sistem jaminan sosial dan penghasilan.

References

Dessler, Gary. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

F. Andi Budi P. 2016. “Pengaruh Pengembangan Karier Dan Komunikasi Terhadap Komitmen Karyawan Yang Berdampak Pada Produktivitas Kerja (studi kasus karyawan di CV. Tirta Minerva Semarang)”. Journal of Management, Vol. 2, 2016.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sedarmayanti. 2017. Perencanaan Dan Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi, Kinerja, Dan Produktivitas Kerja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiyawan, Nasrudin. 2017. “Pengaruh Performance, Orientasi dan Pengembangan Karier Terhadap Produktivitas Kerja Pada PT. Gudang Garam Tbk. Cabang Medan”. Jurnal Ilmiah “DUNIA ILMU”, Vol.3, 2017.

Suhendra, Rini. 2013. “Pengaruh Perencanaan dan Pengembangan Karier Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai di PT. Bank Sumut Kantor Cabang Pembantu USU Medan”.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Yuniarsih, T. dan Suwatno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2021-08-25