Makna Logo Rumah Zakat (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Semiotika Roland Barthes Mengenai Makna Logo Rumah Zakat)

Muhammad Derizis, Erwan Komara

Abstract


Pokok permasalahan pada penelitian ini yaitu terdapatnya beberapa simbol pada sebuah logo yang di dalamnya mengandung makna-makna. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna denotasi logo, makna konotasi logo, dan tanda-tanda yang menyebabkan adanya makna mitos pada logo Rumah Zakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan semiotika. Teori mitologi dan semiologi yang digunakan adalah teori mitologi dan semiologi Roland Barthes. Teori mitologi dan semiologi Roland Barthes signifikasi dua tahapnya yaitu pada tatanan pertama yang terdiri dari makna denotatif dan makna konotatif, sedang tatanan kedua mengkaji mengenai mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya makna denotatif, makna konotatif, serta makna mitos pada logo Rumah Zakat. 


Keywords


Makna, Logo, Rumah Zakat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32897/buanakomunikasi.2020.1.1.534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Published by:

Program Studi S1 Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 
Universitas Sangga Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2774-2342 e-ISSN: 2774-2202

 

Indexed :