Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

A.     PEDOMAN UMUM

  1. Naskah yang dikirim ke redaksi Jurnal Infotronikberbentuk tulisan hasil penelitian.
  2. Tulisan belum pernah dipublikasikan di media lain. Jika artikel atau bagian artikel pernah dipublikasikan atau dipresentasikan, maka penulis wajib mencantumkan keterangan tersebut.
  3. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baku atau bahasa Inggris, menggunakan font Garamond 12, ukuran kerta A4, margin atas 2,5 cm, bawah 2,5 cm, kanan 2,5 cm, dan kiri 2,5 cm dengan kerapatan baris 1 spasi.
  4. Panjang naskah yang dikirim antara 5000 s.d. 7000 kata (termasuk abstrak, gambar, grafik/tabel dan daftar pustaka). Sementara abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris antara 150 – 300 kata dan disertai dengan 3-5 kata kunci.
  5. Tulisan dikirim melalui online submission di : http:// http://jurnal.usbypkp.ac.id/index.php/infotronik
  6. Naskah masuk ke redaksi akan melalui proses blind- review oleh mitra bebestari dan keputusan “diterima” ditentukan oleh Editor. Naskah yang dimuat akan disunting kembali oleh redaksi tanpa mengubah substansi.

 

B.     PEDOMAN TEKNIS

Judul

  1. Judul ditulis ringkas, efektif dan informatif, dengan jumlah maksimal 12 kata¸termasuk kata penghubung.
  2. Jenis huruf huruf Garamond 12, dengan jarak baris 1 spasi.
  3. Naskah disertai dengan identitas penulis yang meliputi: Nama penulis tanpa gelar akademik (huruf Garamond  12 dicetak tebal), afiliasi kelembagaan penulis, alamat lembaga, dan e-mail (Garamond  10, jarak 1 spasi).
  4. Afiliasi kelembagaan penulis mengikuti tempat dimana yang bersangkutan beraktivitas.
  5. Nama penulis dan urutan penulis (bila lebih dari satu penulis) berdasarkan besarnya kontribusi dan partisipasi dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan, dan semua penulis bertanggung jawab atas isi naskah.

Identitas Penulis

  1. Naskah disertai dengan identitas penulis yang meliputi: Nama penulis tanpa gelar akademik (huruf Garamond  12 dicetak tebal), afiliasi kelembagaan penulis, alamat lembaga, dan e-mail (Garamond  10, jarak 1 spasi).
  2. Afiliasi kelembagaan penulis mengikuti tempat dimana yang bersangkutan beraktivitas.
  3. Nama penulis dan urutan penulis (bila lebih dari satu penulis) berdasarkan besarnya kontribusi dan partisipasi dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan laporan, dan semua penulis bertanggung jawab atas isi naskah.

Abstrak

  1. Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan penelitian, metode penelitian, hasil dan simpulan.
  2. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, panjang abstrak berkisar antara 150 - 250 kata dalam satu paragraf, huruf Garamond  10.

Kata Kunci

  1. Kata kunci terdiri atas 3 – 5 kata dan/atau kelompok kata.
  2. Kata-kata diketik miring (italic), antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;)

 C.     SISTEMATIKA TULISAN

Tulisan artikel terdiri atas :

PENDAHULUAN

  1. Pendahuluan ditulis menggunakan font Garamond 12 besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan. Isi pendahuluan ditulis menggunakan font Garamond 12 pt, margin lurus. dengan spasi bawah 6 pt.
  2. Pendahuluan hendaknya mengandung latar belakang penelitian, penelitian-penelitian terkait yang pernah ada, harapan yang ingin dicapai dari tulisan, manfaat ilmiah dan kebaruan dari tulisan serta tujuan penulisan dan metode penelitian. Umumnya pendahuluan tidak terlalu ekstensif, sekitar 2 halaman 1 spasi;

HASIL DAN PEMBAHASAN

  1. Hasil dan pembahasan ditulis menggunakan font Garamond 12 besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan. Isi hasil dan pembahasan ditulis menggunakan font Garamond 12 pt, margin lurus. dengan spasi bawah 6 pt.
  2. Sajian dalam hasil dan pembahasan ditulis secara jelas dan ringkas berisi temuan hasil penelitian, perbedaan antara hasil atau temuan penelitian dengan tulisan sebelumnya  dari peneliti lain; Pembahasan berisi uraian dan analisis dari hasil penelitian.
  3. Hasil dan pembahasan bisa digabungkan secara tepat atau bisa menggunakan subjudul kecil sesuai dengan keperluan pembahasan.
  4. Sederhanakan tabel dan gunakan tabel terbuka, dan gambar peta lebih difokuskan pada objek yang diteliti serta jangan terlalu besar ukuran filenya serta rumit (diupayakan dalam format JPG); tabel dan gambar diberi nomor urut. Contoh penulisan tabel: Tabel 3.
  5. Teknik pengutipan sumber rujukan menggunakan bodynote, dengan format APA Style. Selengkapnya lihat contoh di ketentuan teknis mekanisme pengutipan.

PENUTUP

  1. Penutup ditulis menggunakan font Garamond 12 besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan. Isi penutup  ditulis menggunakan font Garamond 12 pt, margin lurus. dengan spasi bawah 6 pt.
  2. Penutup  berisi simpulan yang menjawab tujuan penulisan naskah, pengembangan keilmuan sesuai dengan wilayah penelitian. kebermanfaatannya bagi publikasi di jurnal dan kemungkinan penerapan atau pengembangan penelitian.  Tuliskan juga saran untuk penelitian selanjutnya.  

DAFTAR PUSTAKA

  1. Daftar pustaka ditulis menggunakan font Garamond 12 besar, jarak 1 spasi dan ditebalkan.
  2. Literatur yang dicantumkan dalam daftar pustaka hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk atau dikutip dalam naskah.
  3. Sumber rujukan yang dirujuk dalam naskah, hendaknya merujuk dari salah satu atau beberapa naskah jurnal ilmiah.
  4. Naskah hendaknya merujuk atau mengutip salah satu atau beberapa artikel Jurnal Infotronik
  5. Teknik penulisan daftar pustaka, menggunakan sistem sitasi APA Style Selengkapnya bisa dilihat pada ketentuan teknis penulisan daftar pustaka.

 

D.    Mekanisme Pengutipan

Sumber pustaka dalam uraian menggunakan format APA Style, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis satu orang, tulis nama akhir penulis, tahun terbit: halaman kutipan. Contoh: (Kusnawan, 2000:21) atau ...dalam Kusnawan (2000:21).
  2. Penulis lebih dari satu orang, tulis nama akhir penulis pertama diikuti et.al, tahun  terbit: halaman. Contoh: (Muhyiddin, et.al, 2010:100) atau ... menurut Muhyiddin, et.al, (2010:100).

 

E.     Penulisan Daftar Pustaka

Format penulisan daftar pustaka atau bibliografi yang digunakan dalam Jurnal ________ berdasarkan APA Style Guide sebagaimana contoh berikut ini:

Buku

Muhammad, Afif. 2004. Dari Teologi ke Ideologi: Telaah atas Metode dan Pemikiran Teologi Sayyid Qutb, Bandung: Penerbit Pena Merah.

Artikel jurnal

Solahudin, Dindin. 2007. “ad-Da’wah al-Islāmiyyah fī al-Manzūr al-Insāni” dalam Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, Vol. 3 No. 9 Januari-Juni 2007.

Prosiding

Fatoni, Uwes. 2013. Pemilu 2014 dan Krisis Komunikasi Kelompok Minoritas. Dalam Prosiding Seminar Besar Nasional Komunikasi ISKI, 521-528. Jakarta: Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia.

Disertasi atau Tesis

Clancey, W.J. 1979. Transfer of Rule-Based Expertise through a Tutorial Dialogue. PhD Dissertation, Department of Computer Science, Stanford University.

Sumber Elektronik

Qomar, ZA, 2006.  Sejarah Suram Ikhwanul Muslimin, diakses 30 Januari 2014, dari http://www.akhirzaman.info/Islam/Ikhwanul Muslimin/1542

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

    1. Naskah yang dikirimkan belum pernah dipublikasikan di jurnal manapun
    1. File naskah tersedia dalam format dokumen Microsot Word doc, docx atau RTF
    1. Jika tersedia, harap URL referensi dicantumkan.
    1. Tulisan spasi 1, huruf Garamond 12, semua gambar, tabel ditempatkan di dalam teks sesuai dengan penjelasannya.
    1. Cara penulisan sumber referensi harap mengikuti Author Guidelines, yang bisa dilihat di bagian About Jurnal.
    1. Jurnal ini menggunakan Double Blind Review, silahkan anda bisa membaca petunjuknya di bagian Ensuring a Blind Review
 

Copyright Notice

Copyright Notice

Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam jurnal ini hanya akan digunakan untuk kepentingan jurnal dan tidak akan digunakan oleh pihak lain dengan tujuan apapun.