SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN EVALUASI KINERJA PRAMUNIAGA TOSERBA YOGYA CIWALK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Phitsa Mauliana, Wildan Wiguna, Dimas Widyaman

Abstract


Pramuniaga merupakan karyawan atau karyawati yang bekerja pada sebuah perusahaan dagang. Pramuniaga yang kompeten dan profesional akan bekerja untuk meningkatkan kinerja dan omzet dari perusahaan. Seorang Pramuniaga melakukan penjualan barang dagangan kepada konsumen yang membutuhkannya. Toserba Yogya Ciwalk merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dengan format supermarket dan department store. Pramuniaga yang kompeten dan profesional dalam melayani konsumen sangat menetukan keberhasilan penjualan dari perusahaan tersebut. Namun pihak manajemenen kesulitan dalam melakukan evaluasi kinerja Pramuniaga menggunakan beberapa standar atau kriteria penilaian yang diinginkan. Proses evaluasi kinerja masih menggunakan formulir kertas, sehingga banyak data penilaian kinerja Pramuniaga yang tercecer. Kemudian belum adanya suatu metode yang tepat untuk diterapkan pada proses evaluasi kinerja Pramuniaga pada Toserba Yogya Ciwalk. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan untuk evaluasi kinerja terhadap Pramuniaga pada Toserba Yogya Ciwalk menggunakan metode Weighted Product. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sistem Pendukung Keputusan memberikan kemudahan bagi pihak manajemen khususnya personalia dalam melakukan penilaian kinerja terhadap Pramuniaga sesuai dengan standar/kriteria yang telah ditentukan. Sistem Pendukung Keputusan tersebut berhasil dibangun menggunakan Web Programming berbasis objek. Kemudian metode Weighted Product yang diterapkan sangat tepat untuk menghitung peringkat dari kinerja Pramuniaga di Toserba Yogya Ciwalk.


Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Metode Weighted Product, Evaluasi Kinerja Pramuniaga.

Full Text:

PDF

References


Huber, G. P. (1980). Managerial Decision Making. Glenview: Scott, Foresman and Co.

La Bella, L. (2017). Getting a Job in the Retail Industry. New York: The Rosen Publishing Group, Inc.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Prasetyadi, C. W. (2017). Komunikasi Penjualan: Menuju Pramuniaga Juara. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Reynolds, G. W. (2016). Information Technology for Managers (2nd ed.). Boston: Cengage Learning.

Sari, F. (2018). Metode dalam Pengambilan Keputusan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Simon, H. (1997). Administrative Behavior: A Study of Decision Making Processes in Administrative Organizations (4th ed.). New York: The Free Press.

Stair, R. M., & Reynolds, G. W. (2016). Fundamentals of Information Systems (8th ed.). Boston: Cengage Learning.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License