PENERAPAN INTERNET OF THINGS (IoT) PADA SISTEM MONITORING IRIGASI (SMART IRIGASI)

Authors

  • David Setiadi STMIK Sumedang
  • Muhamad Nurdin Abdul Muhaemin Universita Sangga Buana YPKP

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.2.108

Keywords:

IoT, Sistem Monitoring, Irigasi

Abstract

Irigasi adalah suatu upaya untuk pengelolaan dan penyediaan air untuk menunjang kebutuhan pertanian. Irigasi membutuhkan biaya yang besar baik untuk pengadaan sarana, prasarana, pengelolaan dan proses pemeliharaan. Pengaturan dengan cara yang tepat adalah suatu kebutuhan agar pengelolaan air irigasi dapat dimanfaatkan secara maksimal. Volume air yang digunakan dipengaruhi beberapa faktor, baik dari keadaan alam juga berkembangnya kegiatan manusia. Pada pelaksanaannya sering terjadi debit air yang mengaliri saluran irigasi mengalami pasang surut pada waktu yang tidak bisa ditentukan sehingga diperlukan sistem yang mampu mengatur buka tutup pintu dari bendungan supaya air terawasi dengan baik. Untuk saat ini sistem buka tutup pintu bendungan irigasi dilakukan secara manual oleh manusia, sehingga harus ada petugas yang siaga agar debit air tidak meluap. Smart Irigasi merupakan sebuah rancangan teknologi masa kini yang memungkinkan dapat menjadikan solusi praktis untuk melakukan monitoring dan kontroling terhadap sistem saluran irigasi, sensor-sensor yang terintegrasi akan mengirimkan data untuk melakukan monitoring melalui jaringan internet pada lingkungan sistem irigasi meliputi suhu,cuaca, debit air yang mengalir serta ketinggian air pada saluran sistem irigasi, dan juga dapat melakukan kontroling sistem buka tutup pintu bendungan secara otomatis disertai dengan ada nya pemberitahuan baik melalui website ataupun SMS jika sewaktu-waktu air meluap. Sehingga dengan adanya Smart Irigasi diharapkan mampu meringankan beban kerja manusia dalam melakukan monitoring dan kontroling pada suatu sistem aliran irigasi.

Author Biographies

David Setiadi, STMIK Sumedang

Prodi. Teknik Informatika

Muhamad Nurdin Abdul Muhaemin, Universita Sangga Buana YPKP

Prodi. Teknik Informatika

References

GSM Association. 2014. Understanding the internet of things (IoT).

Minerva, Roberto.,dkk. 2015. Towards a definition of the Internet of Things (IoT).

Vermesan, Ovidiu. & Friess, Peter. 2014. Internet of Things – From Research and Innovation to Market Deployment. Denmark: River Publisher.

Cindy, 2015. Pengertian dan Perbedaan Sinyal Analog dan juga Digital, diakses 18 April 2017, dari http://www.sagga-us.net/2015/08/pengertian-dan-perbedaan-sinyal-analog.html.

Naziq, Ahmad, 2017. Pengertian Mikrokontroler, diakses pada 20 April 2017, dari https://sites.google.com/site/informasit Erbarusekali / pengertian

Downloads

Published

2018-12-30