Aplikasi Android Lukisan Wayang Kamasan Menggunakan Qr Code Sebagai Media Promosi Interaktif ( Studi Kasus: Startup Way’K)

Authors

  • Gede Wira Astawa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara
  • I Gusti Lanang Agung Raditya Putra Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara
  • I Gede Putu Krisna Juliharta Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2019.4.1.169

Keywords:

Lukisan Wayang Kamasan, Aplikasi Android, Kode QR

Abstract

Lukisan Wayang Kamasan merupakan salah satu kerajinan yang merupakan warisan budaya Bali. Salah satu startup yaitu Way’K menginovasikan Lukisan Wayang Kamasan menjadi produk modern seperti lukisan jam dinding, lukisan lampu LED, dan souvenir berupa plakat. Namun hal tersebut belum cukup untuk meningkatkan daya jual dari seni lukis wayang kamasan karena berdasarkan hasil wawancara terhadap owner startup Way’K wisatawan kurang tertarik membeli karena wisatawan tidak mengetahui dari makna dan cerita yang terdapat dalam lukisan tersebut, selain itu promosi dan penjualan masih dilakukan secara konvensional mengingat perkembangan zaman memasuki era digital.  Maka dari itu penulis membuat suatu aplikasi seni lukis Wayang Kamasan berbasis Android yang dapat menampilkan cerita lukisan melalui kode QR yang dipindai pada lukisan serta terdapat fitur informasi dan pembelian produk secara online melalui aplikasi. Pada pembuatan aplikasi menggunakan metode pendekatan software waterfall dan menggunakan pemodelan Use Case serta Class Diagram dalam perancangan aplikasi. Aplikasi dibangun menggunakan framework React Native dan framework Laravel dan diuji menggunakan metode blackbox testing dan aplikasi telah berhasil dirancang bangun dan berhasil di uji coba dengan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui tingkat kemudahan penggunaan sistem dilakukan dengan metode Usability testing dan didapatkan hasil sangat baik.

References

. Badan Pusat Statistik Provinsi Bali, "Kunjungan Wisatawan Asing Ke Bali," [Online]. Available: https://bali.bps.go.id/statictable/2018/02/09/28/jumlah-wisatawan-asing-ke-bali-dan-indonesia-1969-2017.html. [Accessed 5 Maret 2018].

. I. G. B. R. Utama and N. M. E. Mahadewi, "Faktor Penentu Wisatawan Eropa Memilih Bali Sebagai Destinasi Pariwisata," Jurnal Kepariwisataan, vol. 15, no. 2, p. 9, 2015.

. I. W. Mudana, "Transformasi Seni Lukis Wayang Kamasan Pada Era Postmodern di Klungkung Bali," Program Pasca Sarjana Universitas Udayana, Denpasar, 2015.

. B. Sugiantoro and F. Hasan, "Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta," Telematika, vol. 12, no. 2, p. 145, 2015.

. A. Wijaya and A. Gunawan, "Penggunaan QR Code Sarana Penyampaian Promosi Dan Informasi Kebun Binatang Berbasis Android," Bianglala Informatika, vol. 4, no. 1, p. 20, 2016.

. T. Cata, S. Payal, Petel and T. Sakaguchi, "QR Code: A New Opportunity for Effective Mobile Marketing," Journal of Mobile Technologies, Knowledge and Society, vol. 2013, p. 1, 2013.

. K. H. Pandya and H. J. Galiyawala, "A Survey on QR Codes: in context of Research and Application," International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering, vol. 4, no. 3, p. 258, 2014.

. R. Das and L. P. Saikia, "Comparison of Procedural PHP with Codeigniter and Laravel Framework," International Journal of Current Trends in Engineering & Research (IJCTER), vol. 2, no. 6, p. 47, 2016.

. W. Danielsson, "React Native application development," Linköpings universitet, Swedia, 2016.

. R. S. Pressman, Software Engineering A Practitioner's Approach, New York City: McGraw-Hill, 2010.

. Henriyadi and R. Mulyani, "Usability Testing Sistem Informasi: Studi Kasus Pada Aplikasi Repositori Publikasi Badan Penelitian Dan Pengembangan Pertanian," Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Bogor, 2014.

. Maryuliana, I. M. I. Subroto and F. C. S. Haviana, "Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert," Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, vol. 1, no. 2, p. 4, 2016.

Downloads

Published

2019-06-10