PENERAPAN TOGAF ARCHITECTURE DEVELOPMENT METHOD PADA SISTEM INFORMASI TRACER STUDY BERBASIS WEB

Nika Punggarawati, Cecep Kurnia Sastradiparaja, Falentino Sembiring

Abstract


Alumni merupakan komponen terpenting institusi dalam meningkatkan citra perguruan tinggi. Salah satu aspek penilaian kredibilitas suatu perguruan tinggi pada persepsi publik dan institusi dapat dilihat dari relevansi antara lulusan, bidang studinya dan jenis pekerjaannya. Kurikulum dan proses belajar mengajar pada institusi pendidikan dapat dinilai baik apabila setiap lulusannya dapat diterima pada pasar kerja dan sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan, sehingga untuk menuju taraf tersebut pergururuan tinggi harus mengetahui tren pasar dan kebutuhan pengguna lulusan dengan mengikutsertakan keterlibatan dari alumni dan pengguna lulusan untuk mendapatkan informasi umpan balik. Di dalam pengelolaan informasi kegiatan tracer study dengan mengedapankan teknologi informasi dan komunikasi menjadi suatu keharusan, dimana pesatnya perkembangan TIK dan kesibukan aktivitas stakeholder menjadi aspek yang tidak bisa diabaikan. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menghasilkan artistektur enterprsise dan prototype sistem informasi tracer study dengan memanfaatkan kerangka kerja TOGAF ADM melalui 4 (empat) fase yaitu Architecture Vision, Bussiness Architecture, Information System Architecture, Technology Architecture. Metode penelitian yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian diperoleh arsitektur enterprise dan prototipe tracer study yang diharapkan dapat menjadi sumber acuan dalam implementasi dan dapat mempermudah pengelolaan dan penelusuran lulusan, dengan mempertimbangkan aspek bisnis, aplikasi, teknologi dan jaringan, efektivitas dan efisiensi tata kelola sitem informasi tracer study AMIK XYZ.

Keywords


Tracer Study, Perguruan tinggi, TOGAF ADM, Alumni, Architecture Enterprise

Full Text:

PDF

References


Syafiq, Ahmad & Fikawati, Sandra. (2012). Indonesia:UI Press

R. Muhammad, dkk, 2018, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Tracer Study Berbasis WEB, Jurnal Infomedia, Vol. 3 No. 2.

Almasyhur, A.K., dkk, 2018, Pengembangan Aplikasi Mobile Tracer Study Menggunakan Platform Android, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 2, No. 11.

Kartika Indayani, dkk, 2016, Aplikasi Mobile Alumni Center (Studi Kasus di Institut Sains & Teknologi AKPRIND), Jurnal SCRIPT Vol.3 No. 2

Astomo, Dikot Sugeng, 2017, Pembangunan Aplikasi Pencarian

Alumni Berbasis Android dengan Memanfaatkan API Sosial Media, Skripsi. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Bandung.

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan

Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta

Harald Schomburg, Handbook for Graduate Tracer Study. Universitas Kassel : Moenchebergstrasse Kassel, Germany: Wissenschaftliches Zentrum fur Berufs-und Hochschulforschung, 2003.

The Open Group. (2009). TOGAF version 9. The Open Group

Hakim, Lukmanul dan Uus Musalini. 2004. Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License