PEMBANGUNAN GAME EDUKASI BELAJAR BAHASA SUNDA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN CONSTRUCT2 DAN ADOBE PHONEGAP

Sultan Maulana Husein, Peti Savitri

Abstract


Adanya minat serta rasa ketertarikan belajar yang tinggi diperlukan untuk mempermudah proses pembelajaran pada anak. Sedangkan saat ini kegiatan pembelajaran di sekolah dasar mayoritas masih menggunakan media berupa Buku panduan, yang menyebabkan kurangnya rasa ketertarikan dan perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan saat memahami materi-materi pembelajaran yang disampaikan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya sebuah media pembelajaran berupa Game Edukasi yang dapat menambah minat serta rasa ketertarikan belajar pada anak, yang di dalamnya menyajikan permainan yang mudah dimainkan, warna-warna cerah, serta tampilan animasi yang menarik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 016 Dr. Cipto Pajajaran pada mata pelajaran Bahasa Sunda. Metode pengembangan yang digunakan adalah Model Prototipe. Game ini dibangun dengan menggunakan Aplikasi Construct2 dan Adobe Phonegap.

Keywords


Game, Edukasi, Android, Bahasa Sunda

Full Text:

PDF

References


Adita Rifai, Wafda. 2015. "Pengembangan Game Edukasi Lingkungan Berbasis Android”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.

Deliana, Restu. 2015. "Pembuatan Game Komodo Island Adventure Untuk Memperkenalkan Satwa Komodo Sebagai Satwa Endemik Indonesia Dengan Metode Permainan Edugames Berbasis Desktop”. Skripsi. Universitas Widyatama: Bandung.

Suhendar, Akip. 2015. "Perancangan Game Edukasi pada SMPMN Cidahu kelas VII berbasis Multimedia" dalam Jurnal PROTEKINFO Volume 2 (hlm. 1).

Dharma Bhakti, Demmy. 2017. "Game Edukasi Menara Hanoi Sebagai Salah Satu Alternatif Pembelajaran Logika Matematika Di SMK" dalam Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 (hlm. 256).

Kurniawan, Iwan. 2015. "Implementasi Pendidikan Bagi Siswa Tunanetra Di Sekolah Dasar Inklusi" dalam Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 (hlm. 1044).

Riwinoto, dan Arif Muspita, 2017. "Penerapan Multiplayer Pada Aplikasi Permainan Android" dalam Jurnal Politeknik Negeri Batam (hlm. 2).

Vega Vitianingsih, Anik. 2016. "Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini" dalam Jurnal INFORM Volume 1 Nomor 1(hlm. 25).

Sumirah, Imas. 2019. "Perkembangan Kognitif Usia 3 Tahun Pertama", https://www.kompasiana.com/imas_sumirah/552c1bab6ea8348c4c8b4609/perkembangan-kognitif-usia-3-tahun-pertama , Diakses pada tanggal 13 Juli 2019 pukul 11.50.

Syifa, Nayla. 2019. "Perkembangan Kognitif Usia 3 - 6 Tahun”, https://www.kompasiana.com/naylasyifa/5836c255e6afbd5209f08c29/perkembangan-kognitif-usia-3-6-tahun , Diakses pada tanggal 13 Juli 2019 pukul 11.55.

Asta Sari, Yuli. 2019. "Perkembangan Kognitif Anak Usia 7-12 Tahun (Masa Kanak-kanak)”, https://www.kompasiana.com/asta11/58367e7363afbdcf1c5ae879/perkembangan-kognitif-anak-usia-712-tahun-masa-kanakkanak , Diakses pada tanggal 13 Juli 2019 pukul 12.01.

Eki Pribadi, Ganteng. dkk. 2016. "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Sunda Dengan Implementasi Algoritma Linear Congruential Generator Dan Fuzzy Berbasis Android" dalam Jurnal JOIN Volume 1 Nomor 1(hlm. 35).

Madcoms. 2018. Memanfaatkan Aplikasi Android Pada Sistem Operasi Windows. Yogyakarta: Andi Publisher.

Roedavan, Rickman. 2017. Construct 2 Tutorial Game Engine. Bandung: INFORMATIKA.

Maulana Husein, Sultan (Penterjemah). 2019. "What is Adobe Phonegap", https://build.phonegap.com , Diakses pada tanggal 30 Juni 2019 pukul 22.36.

Waskito, Danang. 2014. "Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia" dalam peed Journal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Volume 11 Nomor 3(hlm. 62).

A.S, Rosa. dkk. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: INFORMATIKA.

Khotimah, Khusnul dan Hestya Patrie. 2018. "Rancang Bangun Sistem Informasi Poin Pelanggaran Tata Tertib Pada SMP Cenderawasih II Dengan Metodologi Berorientasi Obyek" dalam urnal IDEALIS Volume 1 Nomor 3(hlm. 238).

Yasin Al Irsyadi, Fatah dan Yusuf Sulistyo Nugroho. 2015. "Game Edukasi Pengenalan Anggota Tubuh dan Pengenalan Angka Untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita Berbasis Kinect" dalam Jurnal Prosiding SNATIF Volume 2 (hlm. 15).

Wahyudi, Rizki. dkk. 2016. "Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D.I.Y Menggunakan Metode Forward Chaining" dalam Jurnal Ilmiah DASI Volume 17 (hlm. 74).

Syofian, Suzuki. 2015. "Otomatisasi Metode Penelitian Skala Likert Berbasis Web" dalam Jurnal PROSIDING SEMNASTEK (hlm. 2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License