APLIKASI SELEKSI PEMASOK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT BERBASIS MOBILE DI PT BINARTHAMA KHARISMA

Andrew Balango, Slamet Risnanto, Phitsa Mauliana, Wildan Wiguna

Abstract


Sumber daya konstruksi meliputi usaha pemasok material, peralatan, teknologi, serta tenaga kerja konstruksi. Perhitungan keandalan rantai pasok harus didukung dengan data yang akurat tentang jumlah deposit, kualitas deposit, lokasi dan transportasi menuju proyek, pengaturan waktu kedatangan dan area transit. Sekarang ini banyak perusahaan yang melakukan pemilihan atau seleksi dari pemasoknya. Seleksi pemasok adalah tahap proses pembelian industri yang biasanya dilakukan dengan cara meninjau proposal dan memilih pemasok. Perusahaan pembeli akan mempertimbangkan banyak atribut dari pemasok beserta kepentingan relatifnya. PT Binarthama Kharisma merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi. Terdapat beberapa kendala yang harus dibenahi pada perusahaan tersebut diantaranya Adm. Logistik mengalami kesulitan menerapkan beberapa kriteria yang diinginkan dalam memilih pemasok yang tepat dan dapat diandalkan untuk proses konstruksi. Beberapa atribut dan metode yang digunakan masih belum sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kemudian belum adanya suatu apikasi mobile seleksi pemasok konstruksi yang digunakan pada PT Binarthama Kharisma. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun aplikasi seleksi pemasok konstruksi menggunakan metode Weighted Product berbasis mobile di PT Binarthama Kharisma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Adm. Logistik dimudahkan dalam memilih pemasok konstruksi terbaik dari urutan ranking yang dihasilkan. Beberapa kriteria yang digunakan pada metode Weighted Product sangat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Apikasi mobile seleksi pemasok konstruksi berhasil dibangun menggunakan pemrograman Android di PT Binarthama Kharisma.

Keywords


Sistem Pendukung Keputusan, Aplikasi Android, Seleksi Pemasok, Metode Weighted Product, PT Binarthama Kharisma

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. M., Dobana, K., & Zacoeb, A. (2018). Keandalan Struktur dan Infrastruktur. Universitas Brawijaya Press.

Hariyanti, I., & Wiguna, W. (2019). Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 1(1), 33-45.

Kotler, P., Armstrong, G., Burton, S., & Deans, K. (2015). Marketing (9th ed.). French Forest: Pearson Australia.

Mauliana, P., Wiguna, W., & Widyaman, D. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product. Infotronik: Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(2), 85-94.

Mirawati, M., Hikmah, A. B., & Wiguna, W. (2018). Sistem Penunjang Keputusan Penilaian Kinerja Kasir Lotte Mart Menggunakan Metode Weighted Product. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), 3(2).

Wiguna, W., Mauliana, P., & Permana, A. Y. (2020). Pengembangan E-Helpdesk Support System Berbasis Web di PT Akur Pratama. JURNAL RESPONSIF: Riset Sains & Informatika, 2(1), 19-29.

Wiguna, W., & Alawiyah, T. (2019). Sistem Reservasi Paket Wisata Pelayaran Menggunakan Mobile Commerce di Kota Bandung. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 8(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License