DESAIN INTERAKSI SMART MOUSE UNTUK UBIQUITOUS HEALTH MONITORING SYSTEM

Nina Lestari

Abstract


Desain interaksi adalah  membangun suatu produk yang mudah  untuk dipelajari, efektif digunakan, dan terasa nyaman bagi penggunanya.  Perencana desain interaksi memerlukan pengetahuan tentang pengguna, teknologi dan interaksi antara keduanya. Dengan mengetahui aktivitas dapat diketahui tipe interaksi dan jenis alat interaksi yang digunakan.

Ubiquitous health monitoring system adalah sebuah sistem pemantauan kesehatan yang digunakan oleh  pengguna perseorangan untuk memantau kesehatannya terus menerus secara tidak sadar. Smart mouse merupakan salah satu perangkat yang digunakan pada ubiquitous health monitoring system. Pada mouse ini diterapkan teknologi tambahan untuk mengukur detak jantung dan suhu tubuh. makalah ini memberikan hasil desain berupa model konseptual, prototype,   user experience, usability, user interface dari smart mouse.

 

Kata kunci       : desain interaksi, model konspetual, user experience, usability, user interface, smart mouse, ubiquitous health monitoring system


References


J. Preece, Interaction Design Beyond Human Computer Interaction. USA: John Wiley & Sons, Inc, 2002.

R. R. a. D. C. Alan Cooper, About Face 3 The Essentials of Interaction Design, 3rd ed. Indianapolis: Wiley Publishing, Inc., 2007.

J. Nielsen. (1995, Jan.) NN Group. [Online]. http://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

(2012, May) PC Magazine. [Online]. http://www.pcmag.com/encyclopedia/term/49886/prototyping

(2013, May) Dictionary. [Online]. http://dictionary.reference.com/browse/ubiquitous

D. L. a. M. F. O'Keefe, Emergency Care, 11th, Ed. Pearson, 2010.

R. Febriani, "Rancang Bangun Health Diagnostic Mouse Pengukur Detak Jantung dan Suhu Tubuh Pada Ubiquitous Health Monitoring System," ITB, 2013.

N. N. Sari, "Antarmuka komunikasi dan pengolahan data health diagnostic mouse pada ubiquitous health monitoring system," ITB, 2013.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2016.1.1.4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License