PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD (Studi Kasus: Universitas Sangga Buana YPKP Bandung)

Asep Muhammad Indra Purnama, Githasa Noviana

Abstract


Sangga Buana YPKP Bandung merupakan salah satu lembaga Pendidikan/Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Bandung. Dimana dalam persaingan dengan Perguruan Tinggi lain memerlukan suatu rencana strategis untuk membedakan dan memberi keunggulan dalam bersaing. Sangga Buana YPKP Bandung telah menyediakan sistem informasi dan teknologi informasi yang sudah mencukupi untuk mendukung kegiatan bisnis sebagai upaya meningkatan kualitas dan daya saing perguruan tinggi, namun kondisi sistem informasi yang ada masih dirasa belum efisien dikarenakan masih ada beberapa sistem yang belum saling terintegrasi dengan baik antar unit kerja, masih ada aktifitas yang dilakukan secara manual, dan belum adanya perencanaan yang dilakukan dalam pengembangan sistem informasi sebelumnya. Maka dari itu dilakukan penelitian ini merupakan upaya untuk membangun suatu perencanaan strategis sistem informasi menggunakan metode Ward and Peppard. Tools yang digunakan yaitu SWOT dan Value Chain untuk menganalis lingkungan bisnis internal dan PEST dan Porter’s Five Force untuk menganalisis lingkungan bisnis eksternal, Mc Farlan’s Strategic Grid untuk memetakan portofolio aplikasi. Dimana hasil dari Penelitian  ini berupa kerangka kerja strategis dan  rekomendasi aplikasi yang dibutuhkan oleh Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.


Keywords


Perencanaan Strategis SI/TI; Perguruan Tinggi; Ward and Peppard; MC Farlan Strategic Grid

Full Text:

PDF

References


Ward. John. And Joe Peppard., Strategic Planning For Information Sistem 3th ed. England: John Wiley & Sons, 2002. 2002.

W. Titthasiri, “Information Technology Strategic Planning Process for Institutions of Higher Education in Thailand,” NECTEC Tech. J., 2001.

K. C. Laudon and J. P. Laudon, Managing Information Systems: Managing the Digital Firm 13ed. 2014.

J. HartonoMusakini, “Analisis & Desain Sistem Informasi Sitem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis,” in Analisis & Desain Sistem Informasi Sitem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis, 2014.

J. Ward and J. Peppard, Success Factors in Strategic Information Systems. 2002.

M. Afriyano, E. Darwiyanto, and G. A. A. Wisudiawan, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard Pada PT. Grahacipta Bangko Jaya,” e-Proceeding Eng., 2016.

P. Widyaningsih, M. Mustafid, and A. F. Rochim, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Institusi Pendidikan Tinggi Menggunakan Analisis Critical Success Factors,” J. Sist. Inf. BISNIS, 2014, doi: 10.21456/vol1iss2pp86-92.

G. A. F. Maulani and N. A. Hamdani, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia,” J. Petik, vol. 4, no. 2, pp. 162–166, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v4i2.367.




DOI: https://doi.org/10.32897/infotronik.2020.5.2.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License