SISTEM LAYANAN KONSUMEN UNTUK USAHA SKALA KECIL DAN MENENGAH (UKM) JASA PENCUCIAN DENGAN METODE BASIS DATA TERDISTRIBUSI

Slamet Risnanto

Abstract


Penerapan teknologi Informasi di berbagai bidang kehidupan manusia  khususnya dibidang usaha sudah sangat penting diimplementasikan, Sistem layanan konsumen untuk usaha skala kecil dan menengah (UKM) jasa pencucian (laundry) ini dapat dijadikan alat bantu yang strategis dalam usaha tersebut, hampir semua jenis layanan jasa laundry pada umumnya bisa disuport oleh sistem layanan ini. Tahapan analisis dan implementasi dilakukan dilakukan secara langsung di delapan usaha laundry dengan berbagai level usaha dan jenis layanan sehingga memperkaya kehandalan, kelengkapan dan fasilitas sistem

Untuk usaha laundry yang mempunyai banyak konter dan cabang diberbagai kota atau Negara, sistem ini bisa mensuport hal tersebut dengan metode basis data terdistribusi, selama konter atau cabang tersebut bisa koneksi internet sehingga level manajemen atau pemilik usaha bisa mengakes data dan laporan dimanapun berada.

 

Kata kunci : layanan konsumen, laundry, data terdistribusi


References


2016. Perkiraan modal usaha jasa laundry kiloan dan prospeknya diambil dari http://wirabisnis.com/ perkiraan-modal-usaha-jasa-laundry-kiloan-dan-prospeknya.html (31 Agustus 2016)

Susanto, Azhar. 2013. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung : Lingga Jaya

Sutarman. 2012. Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Jogiyanto,H.M. 2010. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Ofset

Nasution,M.N. 2010, Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License