PENDEKATAN TEORI ANTRIAN SINGLE CHANNEL SINGLE PHASE PADA PELAYANAN ADMINISTRASI

Authors

  • Maxsi Ary AMIK BSI Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32897/infotronik.2018.3.1.85

Abstract

Teori antrian merupakan cabang dari terapan teori probabilitas yang telah digunakan selama 108 tahun lalu untuk mempelajari kemacetan lalu lintas telepon (1910-2018). Sampai saat ini teori antrian banyak digunakan untuk alternatif pemecahan masalah antrian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sistem antrian pada pelayanan administrasi kampus AMIK BSI Bandung memiliki pola kedatangan berdistribusi poisson, dan ukuran keefektifan sistem antrian menggunakan WinQSB. Antrian pada pelayanan administrasi kampus menggunakan model single channel single phase. Hasil analisis diperoleh pola kedatangan berdistribusi poisson, ukuran keefektifan pelayanan administrasi 8,33% untuk rata-rata kedatangan 1, 16.67% untuk rata-rata kedatangan 2, dan 25% untuk rata-rata kedatangan 3, sedangkan asumsi rata-rata pelayanan adalah 12. Tidak perlu penambahan petugas pelayanan dengan idle time lebih besar dari 83%.

Kata kunci :  Teori Antrian, Single Channel Single Phase, Ukuran Keefektifan, WinQSB.

Author Biography

Maxsi Ary, AMIK BSI Bandung

Program Studi Manajemen Informatika

References

. Faisal, F. (2005). Pendekatan Teori Antrian : Kasus Nasabah Bank pada Pukul 08.00-11.00 WIB di Bank BNI 46 Cabang Bengkulu. Jurnal Gradien, Vol.1 No.2, 90-97.

. Gross, D., & Harris, C. (1998). Fundamentals Of Queueing Theory, Third Editian. Canada: John Wiley.

. Kakiay, T. J. (2004). Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: Andi.

. Nurfitria, D., Nureni, & Utami, I. (2016). Analisis Antrian Dengan Model Single Channel Single Phase Service Pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) I Gusti Ngyrahrai Palu. Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan, Vo. 12 No.2, 125-138.

. Nurhayati, R., & Kartono, R. (2014). Analisis Proses Antrian Multiple Channel Single Phase Di Loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang. Unnes Journal of Mathematics, Vol 3 No 1, ISSN 2252-6943, 1-6.

. Rahayu, U. S., Wasono, R., & Utami, T. W. (2017). Analisis Sistem Antrian Model Multi Phase-Multi Channel Pada Sentra Pelayanan Kios 3 In 1 BBPLK Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi, ISBN 978-602-61599-6-0 (pp. 323-330). Semarang: Universiats Muhammadiyah Semaraang.

. Septiani, A. S., Wigati, P. A., & Fatmasari, E. Y. (2017). Gambaran Sistem Antrian Pasien Dalam Optimasi Pelayanan Di Loket Pendaftaran Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati. JKM Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), Volume 5, Nomor 4, Oktober 2017, 1-14.

. Siregar, F. M. (2015). Analisis Sistem Antrian Pada Bengkel PT. Global Jaya Perkasa Pekanbaru. Jom FEKON, Vol. 2 No. 2 Oktober 2015, 1-13.

. Subekti, R., & Binatari, N. (n.d.). Retrieved Desember 18, 2017, from http://staffnew.uny.ac.id/: http://staffnew.uny.ac.id/upload/198410192008122005/pendidikan/MODUL+PRAKTIKUM+TEORI+ANTRIAN+-+FIX+terakhir.pdf

. Widjaja, W., & Deswindi, L. (2010). Sistem Antrian Di Layanan Administrasi Mahasiswa (LAM) Dengan Aplikasi Software Simulasi. JIEMS Journal of Industrial Engineering & Management Systems, Vol. 3, No 1, February 2010, 21-28.

Published

2018-06-26