Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Konci Cimahi

Authors

  • Agrie Wahyudi Kharisman Universitas Sangga Buana
  • Desta Arie Setiawan Universitas Sangga Buana Bandung
  • Ahmad Zulfahmi Ubaidillah Universitas Sangga Buana Bandung
  • Indra Wiraseni A Kedai Konci

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v5i2.2706

Abstract

Penelitian ini mengkaji dampak kualitas layanan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen di industri coffee shop di Kota Cimahi. Dengan menggunakan metode statistika deskriptif dan metode asosiatif, data dianalisis dari 96 responden yang merupakan konsumen Kedai Konci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan yang tinggi dan promosi yang efektif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penurunan penjualan yang dialami Kedai Konci diduga disebabkan oleh penurunan kualitas layanan dan kurangnya efektivitas promosi. Oleh karena itu, disarankan kepada pengusaha coffee shop untuk memberikan layanan berkualitas tinggi yang responsif terhadap kebutuhan konsumen dan meningkatkan strategi promosi yang menarik dan relevan. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengusaha coffee shop dalam menghadapi persaingan yang ketat di industri ini dan memberikan landasan bagi pengembangan strategi pemasaran yang lebih efektif.

References

Abdillah, Tietho Adam. 2017. “Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Online Shop Miulan Hijab.” Skripsi 549.

Cynthia, Debby, Haris Hermawan, And Ahmad Izzuddin. 2022. “Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian.” Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik 9(1).

Fitrie, Rosa. 2022. “Implementasi Metode Logika Fuzzy Game Theory Dalampersaingan Produk Skincare Brand Lokal (Ms. Glow Dengan Scarlettwhitening).” Universitas Negeri Medan Implementasi.

Kafidhin. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk,Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Sandy Jaya Furniture Jepara.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis 1(2).

Rohaeni, Heni, Nisa Marwa, Dan. 2018. “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Heni.” Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Heni Vol. 2.

Downloads

Published

2023-09-19

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Juli - Desember 2023