Bisnis Model Pertanian Organik Berbasis Ekonomi Sirkular di Kabupaten Bandung Barat

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32897/jemper.v5i2.2862

Abstract

FAM Organic adalah usaha Pertanian Organik yang memiliki value proposition Healthy People, Healthy Environment, dan Healthy Living. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Business Model Canvas dari PT X, sebuah usaha pertanian organik yang beroperasi di Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian ini melibatkan studi kasus, studi literatur dan depth interview terkait dengan model bisnis PT X. Hasil penelitian mengungkap bahwa PT X memiliki segmen pelanggan yang terfokus pada konsumen kalangan menengah atas yang mengutamakan gaya hidup sehat. Inti kegiatan operasional PT X mencakup produksi Sayuran Organik, penjualan produk, edukasi pertanian organik. Sumber pendapatan PT X berbeda dengan pertanian konvensional karena tidak hanya menjual hasil panen tetapi juga dari pelatihan, farm tour, gardening kit dan lisensi. Hasil penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang model bisnis PT X dan memberikan landasan untuk rekomendasi strategis yang dapat meningkatkan keberlanjutan dan daya saing usaha pertanian organik di Kabupaten Bandung Barat.

References

Aulet, B. (2020). Disciplined Entrepreneurship: 24 Langkah Membangun Startup Sukses. Jakarta: PT Elxmedia Komputindo.

BPS. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV-2022. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Budiman, A., & Koeswandi, T. (2019). Studentpreneurship Training Through The Development Of Business Model Canvas In UPI Tasikmalaya Campus Students. The International Journal of Business Review (The Jobs Review) (Vol.2 No.1 (2019)).

Chandio, A. A., Jiang, Y., Rehman, A., & Rauf, A. (2020). Short and long-run impacts of climate change on agriculture: an empirical evidence from China. International Journal of Climate Change Strategies and Management, 201-221.

Creswell, J. W. (2017). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan. Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ertz, M., Leblanc-Proulx, S., Sarigöllü, E., & Vincent, M. (2019). Advancing quantitative rigor in the circular economy literature: New methodology for product lifetime extension business models. Resources, Conservation and Recycling.

Ferasso, M., Beliaeva, T., Kraus, S., Clauss, T., & Ribeiro-Soriano, D. (2020). Circular economy business models: The state of research and avenues ahead. Business Strategy and the Environment, 3006-3024.

Geissdoerfer, M., Vladimirova, D., & Evans, S. (2018). Sustainable business model innovation: A review. Journal of Cleaner Production, 401-416.

Khan, M. N., & Solihin, R. (2023). Implementasi Business Model Canvas Pada Bisnis Kuliner Maem Bread and Milk. Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan (JEMPER), 52-58.

Kirchherr, J., Reike, D., & Hekkert, M. (2017). Conceptualizing The Circular Economy: An Analysis of 114 Definitions. Resources, Conservation & Recycling, 221–232.

Maurya, A. (2010). Running Lean: Iterate from Plan A to a Plan That Works. California: O'Reilly Media.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Generasi Model Bisnis: Buku Pegangan untuk Visioner, Pengubah Permainan, dan Penantang. New Jersey: Wiley.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value Proposition Design: How to Create Products and Services Customers Want, John. New Jersey: Wiley.

Pieroni, M., McAloone, T., & Pigosso, D. (2019). Configuring New Business Models for Circular Economy through Product–Service Systems. Sustainability.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-19

Issue

Section

Jurnal Ekonomi Manajemen Perbankan - Juli - Desember 2023