PENGARUH PAJAK, PROFITABILITAS DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING

Authors

  • Juang Prasetio Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Ayunita Ajengtiyas Saputri Mashuri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v5i1.191

Keywords:

Transfer Pricing, Pajak, Profitabilitas, Kepemilikan Asing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pajak, Profitabilitas, dan Kepemilikan Asing Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Penelitian ini menggunakan seluruh perusahaan manufaktur  yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016-2018. Pemilihan sampel data ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling sehingga terkumpul sebanyak 26 perusahaan manufaktur sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah Analisis Regresi Logistik dengan program SPSS 25 dan tingkat pengaruh signifikan  5% (0,05). Hasil dari pengujian ini menunjukan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh Pajak yang diukur dengan cash effective tax rate (CETR) terhadap Transfer Pricing dengan tingkat signifikan sebesar 0,588  lebih besar dari taraf yang ditentukan α = 0,05, (2) tidak terdapat pengaruh antara Profitabilitas yang diukur dengan return on total assets (ROA) terhadap Transfer Pricing  dengan tingkat signifikansi sebesar 0,161 lebih besar dari taraf yang ditentukan α = 0,05, (3) terdapat pengaruh antara Kepemilikan Asing berdasarkan pada besarnya kepemilikan saham asing yang melebihi 20% terhadap Transfer Pricing  dengan tingkat signifikansi sebesar 0,008 lebih kecil dari taraf yang ditentukan α = 0,05. 

References

Anisyah, F. (2018). Pengaruh Beban Pajak, Intangible Assets, Profitabilitas, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing. JOM FEB Universitas Riau, Volume 1, Edisi 1.

Ariyanti, Fiki. “2.000 Perusahaan Asing Gelapkan Pajak Selama 10 Tahun”.

Diakses 12 Februari 2019, dari https://liputan6.com/bisnis/read/2460989/

-perusahaan-asing-gelapkan-pajak-selama-10-tahun.

Budiarti, E., dan Sulistyowati, C. (2014). Struktur Kepemilikan Dan Struktur Dewan Perusahaan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan tahun 7. No. 3

Cahyadi, A.S., dan Noviari, N. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, Dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.24.2.

Fauziah, N. F., dan Saebani A. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi Universitas Kristen Krida Wacana , Vol. 18, No. 1A.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamdani. (2016). Good Corporate Governance: Tinjauan Etika Dalam Praktik Bisnis. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Hidayat, N. dan Purwana, D. (2017). Perpajakan Teori & Praktik. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Idris, Umar. “Sengketa Pajak Toyota Motor Menanti Palu Hakim”. Diakses 12 Februari 2019, dari https://nasional.kontan.co.id/news/sengketa-pajak-toyota-motor-menanti-palu-hakim.

Ikhsan, A. dan Suprasto, H.B. (2008). Teori Akuntansi & Riset Multiparadigma. Yogyakarta : Graha Ilmu

Indrasti, W.A. (2016). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, Bonus Plan, Dan Debt Convenant Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Universitas Budi Luhur Vol. 9. No.3.

Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal. Jakarta.

Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Ketentuanumun Dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta.

Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Pajak Penghasilan. Jakarta.

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kieso, D.E. et al. (2014). Intermediate Accounting IFRS Edition, Second Edition. New Jersey: John Willey & Sons Ltd.

Kiswanto N., dan Purwaningsih A. (2014). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2010-2013. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(2).

Kurniawan, A.M. (2015). Buku Pintar Transfer Pricing Untuk Kepentingan Pajak. Yogyakarta: Andi Offset.

Kusuma, H., dan Wijaya B. (2017). Drivers of the Intensity of Transfer Pricing : An Indonesian Evidence. Paper dipresentasikan di the Second American Academic Research Conference, New York, USA 28-30 April.

Kusumasari, R.D., Fadilah S., dan Sukarmanto E. (2018). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2016). Prosiding Akuntansi Volume 4, No. 2

Mispiyanti. (2015). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Akuntansi dan Investasi, 16(1): 62-73.

Mulianingsih, N.LM., dan Sukartha, I.M. (2018). Pengaruh Penghindaran Pajak pada Waktu Publikasi Laporan Keuangan dengan Struktur Kepemilikan sebagai Variabel Pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.22.2.

Noviastika, F., Mayowan dan Karjo. (2016). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Indikasi Melakukan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur YangTerdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Mahasiswa Perpajakan, 8(1).

Purwanto, G.M., Tumewu, J. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntasni Vol. 16 No.1

Rachmat, R.A.H. (2019). Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan Vol. 7, No. 1

Raharjo, E. (2007). Teori Agensi Dan Teori Stewarship Dalam Perspektif Akuntansi. Fokus Ekonomi Vol. 2 No. 1

Rachmat, M.R., dan Kustiani, N.A. (2017). Faktor-Faktor Penentu Agresivitas Transfer Pricing. Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing. Jurnal Politeknik Negeri Jakarta

Refgia, T. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Asing, Dan Tunneling Incentive Terhadap Transfer Pricing. JOM Fekon Vol. 4 No. 1.

Resmi, S. (2016). Perpajakan Teori dan Kasus, Edisi Sembilan Buku 1. Jakarta: Erlangga

Sanjaya, I.M.D.M, dan Wirawati, N.G.P. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Vol.15.1.

Saraswati, G. A. R. S. dan Sujana, I. K. (2017). Pengaruh Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive Pada Indikasi Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. Vol.19.2.

Sari, E. P., dan Mubarok, A. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Pajak Dan Debt Covenant Terhadap Transfer Pricing. Seminar Nasional I Universitas Pamulang

Suandy. (2011). Perecanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta

Sumarsan, Thomas. (2012). Tax Review dan Strategi Perencanaan Pajak. Jakarta: Indeks Penerbit.

T. Allysa R., dkk. (2017). Pengaruh Pajak Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang.

Tiwa, E. M., dkk. (2017). Pengaruh Pajak Dan Kepemilikan Asing Terhadap Penerapan Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdapat Di Bei Tahun 2013-2015. Jurnal EMBA. Vol. No. 2

Yuniasih, N.W., dkk. (2012). Pengaruh Pajak Dan Tunneling Incentive Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Simposium Nasional. Universitas Trunojoyo.

Wafiroh, N. L., dan Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive, dan Mekanisme Bonus pada Keputusan Transfer Pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2).

Waworuntu, S.R., dan Hadisaputra, R. (2016). Penentu Transfer Pricing Agresivitas di Indonesia. Jurnal Pertanika Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Putra Malaysia Tekan 24.

Downloads

Published

2021-02-08

Issue

Section

Artikel