PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

Audita Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan perbankan di Bursa Efek Indonesia sehingga dapat memberikan penjelasan bahwa kinerja keuangan perusahaan dipengaruhi oleh corporate governance, dalam hal ini adalah komposisi dewan komisaris independen, jumlah dewan direksi dan kepemilikan institusional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian asosiatif untuk mencari hubungan antara satu variabel dengan variabel lain, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 27 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2015. Hasil penelitian menunjukan bahwa corporate governance berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan secara partial corporate governance dalam hal komposisi dewan komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan; corporate governancedalam hal jumlah dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan dan corporate governance dalam hal kepemilikan institusional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan

 


Keywords


Corporate Governance; Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Ade Hasnida. 2013.Pengaruh Good Corporate Governance dan Struktur Kepemilikan terhadap Kinerja Keuangan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Erica PurnamaYudha, Sri Wahjuni Latifah, Adi Praseyto. 2014.Pengaruh Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Go Public di BEI.

Effendi, Much Arif. 2016.The Power of Good Corporate Governance Teori dan Implementasi, Edisi Kedua. Salemba Empat, Jakarta.

Darmawati, Deni, Khomsiyah dan Rika Gelar Rahayu. 2004. Hubungan Corporate Governance dan Kinerja Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi (SNA) VIIDenpasar.

FCGI. 2001. Corporate Governance: Tata Kelola Perusahaan. EdisiKetiga. Jakarta

Ghozali, Imam.2005. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS”.Semarang Universitas Diponegoro.

IAI. 2001. Standar AkuntansiKeuangan. Salemba Empat, Jakarta.

Peraturan Bank Indonesia Nomor 8/4/PBI/2006 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum dan Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/33/PBI/2009 tentang Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.

Sabrinna, Anindhita Ira. 2010. Pengaruh Corporate Governance Dan Struktur Kepemilikan Terhadap Kinerja Perusahaan. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro. Semarang.

Siswanto Sutojo & Aldridge. 2008. Good Corporate Governance: Tata Kelola Perusahaan yang Sehat. Damar Mulisa Pustaka, Jakarta.

http://www.idx.co.id. Laporan Keuangan Perusahaan Perbankandan Laporan Tahunan Perusahaan Perbankan




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v1i1.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sistem Informasi, Keuangan, Auditing & Perpajakan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats