PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT

Medianto Suryo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit. Objek penelitian meliputi kompetensi dan independensi sebagai variabel bebas atau independen yang dilihat pengaruhnya terhadap variabel tidak bebas atau dependen yaitu kualitas audit. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan tipe hubungan antara variabel yang diteliti adalah hubungan klausal. Variabel dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis jalur (Path Analysis) serta SPSS 20.00 sebagai alat pengolahan data. Data yang terkumpul diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dengan responden auditor pada KAP yang ada di Bandung. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi dan independensi, baik secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit. 


Keywords


Kompetensi; Independensi; Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Arens A. Alvin, Elder J. Randal, & Beasley S. Mark. 2012. Auditing and Assurance Service:An Integrated Approach. 14thedition.Harlow, Essex:Pearson Prentice Hall.

Christiawan, Yulius Jogi. 2002. ”Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik. Refleksi Hasil Penelitian Empiris”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Vol.4 No. 2 (Nov) Hal. 79-92

DeAngelo DeAngelo, H.L. (1981). Auditor Size and Audit Quality.Journal of Accounting and Economics.Vol. 3(3) (December), pp. 183-199.

Deis, D.R. dan G.A. Groux. 1992. Determinants of Audit Quality in The Public Sector. The Accounting Review.July. p. 462-479.

Harhinto, Teguh . 2004. "Pengaruh Keahlian dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Studi Empiris Pada KAP di Jawa Timur”. Semarang. Tesis Maksi : Universitas Diponegoro.

http://Hukumonline.com, Menkeu Bekukan Izin Dua Akuntan Publik. Rabu, 21 Januari 2009.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2012. Standar Profesional Akuntan Publik. Salemba Empat: Jakarta.

Kartika Widhi, Frianty . 2006. Pengaruh faktor-faktor keahlian dan independensi auditor terhadap kualitas audit (Studi Empiris:KAP di Jakarta). Semarang. Skripsi S1: Universitas Diponegoro.(Tidak dipublikasikan)

Kusharyanti. 2003. ”Temuan penelitian mengenai kualitas audit dan kemungkinan topik penelitian di masa datang”.Jurnal Akuntansi dan Manajemen (Desember).

Mayangsari, Sekar. 2003. Pengaruh keahlian dan independensi terhadap pendapat audit: Sebuah kuasieksperimen. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia Vol.6 No.1. Januari.p. 1-22.

Messier, F.W., V.S. Glover, dan F.D. Prawitt. 2005. Jasa Audit dan Assurance: Suatu Pendekatan Sistematis. Diterjemahkan oleh Nuri Hinduan.Edisi 4 Buku 1 & 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Munawir, H. S. (1999). Auditing Modern. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.32897/jsikap.v1i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Sistem Informasi, Keuangan, Auditing & Perpajakan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Akuntansi  
Fakultas Ekonomi
Universitas Sangg Buana
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876

Creative Commons License
Jurnal SIKAP by Program Studi Akuntansi licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats