PENGARUH PENGETAHUAN, MOTIVASI BELAJAR DAN SOSIALISASI PASAR MODAL TERHADAP MINAT MAHASISWA AKUNTANSI BERINVESTASI DI PASAR MODAL

Authors

  • Aganeka Pratama Universitas Trilogi
  • Anies Lastiati Universitas Trilogi

DOI:

https://doi.org/10.32897/jsikap.v5i1.452

Keywords:

Minat, Motivasi, Pengetahuan, Sosialisasi

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengetahuan pasar modal, motivasi belajar pasar modal, dan sosialisasi pasar modal terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi yang berada di Provinsi DKI Jakarta, baik dari universitas negeri maupun universitas swasta, dengan sampel penelitian sebanyak 184 mahasiswa akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pasar modal, motivasi belajar tentang pasar modal, dan sosialisasi pasar modal berpengaruh positif terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal. Penelitian ini diharapkan dapat membantu pasar modal untuk meningkatkan minat mahasiswa akuntansi dalam berinvestasi di pasar modal.

Author Biography

Aganeka Pratama, Universitas Trilogi

Fakultan Ekonomi Bisnis

References

Aldin, I. U. (2019, Januari 2). (P. Aria, Penyunting) Dipetik 11 17, 2019, dari Katadata.co.id: https://katadata.co.id/berita/2019/01/02/menteri-darmin-pendalaman-pasar-modal-belum-maksimal

Cahya, T. B., & Kusuma, A. N. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman , 7.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan peneribit-Undip.

Hafiyyan. (2019, November 03). Investor Milenial Dominasi Pasar Modal. Diambil kembali dari Bisnis.com: https://market.bisnis.com/read/20191103/7/1166189/investor-milenial-dominasi-pasar-modal#

IDX. (2019, Desember 13). Profil Perusahaan Tercatat. Diambil kembali dari https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/profil-perusahaan-tercatat/

Khotimah, H., Warsini, S., & Nuraeni, Y. (2015). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal.

Kurniawan, A. (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Dalam N. N. M (Penyunt.). Bandung: PT Remaza Rosdakarya.

Malik, A. D. (2017). Analisa Faktor-Faktor Yang Mpengaruhi Minat Masyarakat Beinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galei Investasi UISI. Ekonomi dan Bisnis , 3.

Nasution, Y. S. (2015). Peranan Pasar Modal dalam Perekonomian Negara.

Nisa, A., & Zulaika, L. (2017). Pengaruh Pemahaman Investasi, Modal Minimal Investasi Dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal. PETA , 2.

Pajar, R. C. (2017, Juli 17). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY.

Prakoso, D. (2019, 11 18). OJK: Jumlah Investor Baru 0,8 Persen dari Jumlah Penduduk Indonesia. (A. A. Hidayat, Penyunting) Dipetik 04 16, 2020, dari Tempo.com: https://bisnis.tempo.co/read/1273578/ojk-jumlah-investor-baru-08-persen-dari-penduduk-indonesia/full&view=ok

Sinarwati, P. A., & Purnamawati, G. A. (2017). Pengaruh Manfaat, Fasilitas, Persepsi Kemudahan, Modal, Return, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Mahasiwa Untuk Berinvestasi Seacar Online. Akuntansi , 8 No. 2.

Sukmawijaya, A. (2017, 11 1). Dipetik 2 2020, dari 12,8% Penduduk Malaysia Sudah Investasi Saham, di RI baru 0,2%: kumparan.com/kumparannews/12-8-penduduk-malaysia-sudah-investasi-saham-di-ri-baru-0-2

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi UM Metro , 3.

Tandio, T., & Widanaputra, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Pasar Modal, Return, Persepsi, Risiko, Gender, dan Kemajuan Teknologi Pada Minat Investasi Mahasiswa. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana , 16 No. 3.

Downloads

Published

2021-02-08

Issue

Section

Artikel